Por Bajin, Situs Misterius Bergaya Tiongkok di Tengah Danau Rusia

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Jumat, 27 Oktober 2023 | 09:00 WIB
Foto Por Bajin di sebuah pulau di tengah Danau Tere-Khol. Benteng ini misterius karena letaknya yang terisolasi dan kegunaannya yang belum diketahui. (Ministry of Emergency Situations of Russia)

Nationalgeoraphic.co.id—Di tengah Danau Khol, sebuah danau di pegunungan Siberia Rusia yang dekat dengan perbatasan Mongolia, terdapat pulau yang menyisakan peninggalan misterius. Jika dilihat dari satelit, Sahabat dapat melihatnya berbentuk persegi panjang seperti reruntuhan benteng kuno.

Setiap sisinya, seperti pernah ada tembok tinggi yang dibangun untuk mencegah masuk, seperti benteng penting bagi suatu peradaban. Benteng ini disebut sebagai Por Bajin atau Por-Bazhyn yang berusia sekitar 1.300 tahun.

Sejak dieksplorasi pertama kali pada 1891, digali pada 1957—1963, dan dikaji besar-besaran pada 2007—2008, para ilmuwan memiliki berbagai pendapat tentang kompleks ini. Benteng ini diduga merupakan istana musim panas, biara, kompleks peringatan, pusat ritual, atau observatorium astronomi, di masa lalu.

Di dalam situs, terdapat sejumlah kecil artefak. Sedikitnya artefak yang ditemukan, para arkeolog berteori, tempat ini bukan untuk dihuni permanen. Sebab, orang yang tinggal permanen akan menaruh banyak artefak di dalamnya. Berdasarkan pengamatan, setidaknya ada 30 bangunan di situs ini.

Para arkeolog menemukan lempengan tanah liat berisi cetakan kaki manusia, gambar berwarna pudar pada plester dinding, gerbang raksasa, dan pecahan kayu yang terbakar. Ada pula temuan lainnya seperti genteng, belati besi, wadah batu, satu anting perak, dan paku konstruksi besi.

Dari temuan yang ada, tidak disebutkan kegunaan benteng dan kompleks yang ada di dalamnya. Bagaimanapun, benteng ini merupakan tempat tinggal yang bisa dimuat oleh banyak orang, dengan luas sekitar tujuh hektare.

Dinding yang melindungi kota ini terdapat dua bagian. Bagian luarnya berdiri 10 meter dan lebar 12 meter berbentuk persegi panjang. Penafsirannya menyiratkan mirip benteng pelindung kremlin. Pada bagian luar yang terhubung dengan dinding luar terdapat gerbang utama.

Setelah masuk gerbang utama, terdapat dinding bagian dalam yang lebih kecil, sekitar satu meter. Dinding ini juga membentuk garis besar bangunan, dengan bangunan besar di tengah situs. Selain itu, beberapa bagian dinding dan panel sepertinya dilapisi dengan plester kapur yang dicat garis-garis merah horizontal.

Bagian pusatnya ada dua bangunan yang dihubungkan oleh jalan tertutup. Pada bagian ini, dulunya beratap genteng dan ditopang oleh 36 tiang kayu yang bertumpu pada fondasi batu. Hal ini menunjukkan arsitekturnya memiliki gaya istana kota kekaisaran Tiongkok yang ideal.

Rekonstruksi tiga dimensi Por Bajin di atas pulau di danau Tere Khol, Republik Tuva, Rusia. Benteng ini masih misterius kegunaannya, dan belum terungkap oleh para ilmuwan. Namun diyakini berusia 1.300 tahun. (RA Vafeev)

Berbagai hasil penggalian juga mengungkapkan bahwa benteng ini memiliki hubungan dengan Kekaisaran Tiongkok. Akan tetapi yang menjadi misteriusnya, mengapa bangunan ini didirikan di tempat terpencil seperti ini? Secara lokasi, jauh dari pemukiman besar dan jalur perdagangan internasional (jalur sutra) yang berada di Asia Tengah.

"Bangunan tersebut kemungkinan besar merupakan konstruksi tiang dan balok yang merupakan ciri khas arsitektur Tiongkok dari Dinasti Tang," tulis arkeolog Irina Arzhantseva dalam laporan tahun 2011 di The European Archaeologist.