Seperti Apa Penggunaan Narkoba di Sejarah Yunani dan Romawi Kuno?

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 2 Oktober 2023 | 08:00 WIB
Di sejarah Yunani dan Romawi kuno, tidak ada larangan dalam penggunaan narkoba. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Penggunaan narkoba di zaman kuno sangat berbeda dengan dunia modern. Sebagian besar narkotika saat ini adalah ilegal. Sebagai perbandingan, pada zaman dahulu tepatnya dalam sejarah Yunani dan Romawi kuno tidak ada larangan terhadap narkotika.

Jadi, seberapa luas penggunaan narkoba dalam sejarah Yunani dan Romawi kuno, dan jenis narkoba apa saja yang dikonsumsi? 

Alkohol ada dimana-mana. Sepanjang sebagian besar sejarah manusia, masyarakat mengonsumsi alkohol. Orang-orang Yunani dan Romawi juga memandang anggur sebagai makanan pokok dalam kehidupan sehari-hari.

Hal itu penting bagi perdagangan, agama, dan budaya. Simposium yang terkenal adalah waktu berkumpul setelah jamuan makan di mana orang Yunani kuno minum, menari, mendengarkan musik, dan bersosialisasi. 

Obat modern lain yang sering digunakan secara luas oleh adalah opium, getah bahan baku narkotika yang dibuat dari buah candu yang belum matang. Tahukah Anda? Opium pertama kali dibudidayakan lebih dari 5.000 tahun yang lalu dan digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit, obat penenang, dan obat tidur.

Obat ini juga digunakan dalam kehidupan beragama. Beberapa dewa Yunani seperti Hypnos, Nyx, dan Thanatos, masing-masing dewa tidur, malam, dan kematian, sering digambarkan mengenakan karangan bunga poppy atau memegangnya di tangan mereka.

Bukan hanya itu, bunga poppy juga sering menghiasi patung beberapa dewa Olympian dan dewa senior lainnya seperti Apollo, Pluto, dan Aphrodite, biasanya melambangkan suatu bentuk kebahagiaan di malam hari.

Pada abad pertama Masehi, penulis Romawi Pliny the Elder menulis dalam Natural History-nya  tentang penggunaan opium untuk berbagai tujuan. Cretic Wine adalah salah satu bentuk teh candu yang digunakan untuk tujuan rekreasi dan pengobatan. Hal ini bisa berubah menjadi kecanduan.

Kasus paling terkenal dalam hal ini adalah kaisar Marcus Aurelius pada abad kedua Masehi, yang ketenarannya sebagai filsuf Stoa setidaknya sebagian bergantung pada konsumsi opium yang berlebihan.

Ganja digunakan oleh orang-orang Yunani dan Romawi kuno, meskipun tidak sebanyak di dunia modern. Misalnya, Herodotus menulis tentang orang Skit, bangsa asing yang tinggal di timur laut Yunani menuju Laut Hitam, melemparkan rami ke atas api dalam tenda asap untuk menciptakan suasana yang membuat api menjadi tinggi.

Dia melakukan ini sedemikian rupa untuk menunjukkan bahwa penggunaan narkoba untuk tujuan rekreasi atau jenis penggunaan lainnya tidak dilakukan setiap hari pada abad kelima SM di Yunani. 

Namun, seiring berjalannya waktu, hal ini berubah. Ketika bangsa Romawi mengembangkan hubungan perdagangan yang luas dengan Asia Tengah dan India selama periode kekaisaran, penggunaan ganja menjadi lebih umum, bahkan tidak meluas.