Inilah Monster-Monster Laut Paling Terkenal Dalam Mitologi Yunani Kuno

By Ricky Jenihansen, Rabu, 4 Oktober 2023 | 07:00 WIB
Ada banyak cerita monster laut dalam mitologi Yunani. (Villamirella)

Nationalgeographic.co.id—Mitologi Yunani memiliki banyak monster dan karena orang Yunani adalah penjelajah laut, maka ada banyak monster laut. Monster laut sangat populer dalam mitologi Yunani karena orang-orang Yunani terpesona dengan cerita-cerita tentang monster laut.

Setidaknya ada 6 monster laut paling terkenal yang muncul dalam kisah pahlawan, penjelajahan Yunani dan mitologi Yunani.

Scylla dan Charybdis

Scylla dan Charybdis dalam mitologi Yunani adalah dua monster abadi dan tak terkalahkan. Mereka menjaga perairan sempit yang dilalui sang pahlawan Odysseus dalam pengembaraannya yang dijelaskan dalam Homer Odyssey.

Kedua monster laut ini hampir selalu disebut dalam mitologi Yunani Kuno sebagai pasangan. Hal ini karena mereka dikatakan sebagai dua monster di kedua sisi selat sempit.

Hal itu menjadikan mereka jauh lebih berbahaya bagi kapal daripada jika mereka melakukannya secara individu. Scylla dan Charybdis selanjutnya nanti dilokalisasi di Selat Messina.

Scylla adalah monster berkepala banyak dan berbelit-belit yang berusaha menangkap para pelaut dari perahu mereka. Scylla adalah makhluk supernatural wanita dengan tinggi 12 kaki atau sekitar 4 meter.

Ilustrasi pertemuan Scylla dengan dewa laut Glaucus. (Antonio Tempest)

Ia memiliki enam kepala di leher ular yang panjang. Masing-masing kepala memiliki tiga baris gigi mirip hiu.

Sementara pinggangnya diikat oleh kepala anjing.Scylla sering dirasionalisasikan pada zaman dahulu sebagai batu atau karang.

Sedangkan Charybdis pada dasarnya personifikasi pusaran air hidup yang sangat besar. Pusaran air ini akan melahap seluruh kapal kapan pun ada kesempatan.

Dalam mitologi Yunani, Charybdis yang bersembunyi di bawah pohon ara tidak jauh dari pantai. Ia meminum air dan bersendawa tiga kali sehari dan berakibat fatal bagi pelayaran.