Keperawanan dan Perkawinan dalam Kehidupan Sosial Kekaisaran Inca

By Ricky Jenihansen, Jumat, 6 Oktober 2023 | 11:00 WIB
Ilustrasi resepsi perkawinan di Kekaisaran Inca. (Short History)

Nationalgeographic.co.id—Perkawinan adalah salah satu peristiwa besar bagi remaja di Kekaisaran Inca, meski memang keperawanan tidak dihargai. Hal itu mungkin terjadi ketika pasangan tersebut masih remaja, meski memang para ahli tidak sepakat mengenai hal tersebut.

Saat remaja terakhir, mereka akan mengadakan pesta. Itu adalah masa yang penting bagi anak laki-laki dan perempuan di kehidupan sosial Kekaisaran Inca. Yang terakhir dihormati dengan perjamuan dan diberikan hadiah serta nama (oleh paman senior mereka) untuk digunakan sepanjang hidup dewasa mereka.

Anak laki-laki memiliki ritual inisiasi yang lebih komunal yang melibatkan perlombaan dan pengorbanan ketika telinga mereka ditindik untuk memakai hiasan telinga.Seorang laki-laki tidak dianggap dewasa sampai dia kawin. Seperti halnya perekonomian pertanian lainnya, secara ekonomi tidak memungkinkan bagi seseorang untuk tetap melajang.

Dengan alasan yang sama, perceraian hampir tidak pernah terdengar dalam kehidupan, setidaknya secara formal. Anak laki-laki memiliki ritual peralihan yang lebih komunal yang melibatkan ras dan pengorbanan ketika telinga mereka ditindik untuk memakai penutup telinga peringkat Inca

Pilihan pasangan tampaknya sebagian besar tergantung pada individu yang bersangkutan dan berkonsultasi dengan orang tuanya. Ketika ayah gadis itu menerima hadiah tradisional berupa daun koka dari sang anak laki-laki, kesepakatan pun selesai.

Upacara perkawinan tidak diadakan untuk pasangan individu tetapi mungkin sekali setahun untuk semua orang yang menikah di ayllu atau kekerabatan tertentu.

Di beberapa daerah, ada juga kemungkinan perkawinan percobaan dimana pasangan tersebut tinggal bersama untuk waktu yang singkat sebelum berkomitmen penuh terhadap kewajiban perkawinan.

Karena keperawanan tidak terlalu dihargai di kehidupan sosial Peru kuno, gadis tersebut tidak mengalami dampak reputasi apa pun. Setidaknya dalam hal ini, akibat kegagalan dalam perkawinan percobaan.

Setelah upacara non-agama yaitu pesta dan pertukaran hadiah, mempelai wanita pindah ke wilayah keluarga pasangannya di rumah baru. Mereka menggarap tanah itu bersama suaminya yang diwarisinya sejak lahir.

Jumlah tanah yang diwarisi pengantin perempuan adalah setengah dari luas tanah yang diberikan kepada laki-laki yang dikembalikan ke tanah komunal ayllu.

Rumah keluarga ini hanya terbuat dari batu bata lumpur atau dinding lumpur dengan atap jerami, satu pintu rendah dan tanpa jendela.

Di dalamnya ada perapian tengah dan tempat tidur terbuat dari kulit llama. Ruangan dibagi menjadi dua area. Satu untuk tidur dan satu lagi untuk memasak dan memelihara hewan peliharaan seperti kelinci percobaan.

Dalam budaya di mana sering terjadi peperangan berarti jumlah penduduk laki-laki secara signifikan lebih kecil dibandingkan jumlah penduduk perempuan. Poligami diperbolehkan, meskipun tampaknya poligami hanya dibatasi pada kalangan bangsawan yang mempunyai banyak selir.

Istri pertama selalu menjadi yang paling senior jika ada istri kedua. Seorang duda boleh menikah lagi dengan siapa pun yang dipilihnya, tetapi seorang janda hanya boleh menikah dengan saudara laki-laki suaminya.

Ilustrasi kehidupan kerja di Kekaisaran Inca. (Histories)

Kehidupan kerjaKedua jenis kelamin bekerja di ladang dengan menggunakan peralatan sederhana, dan seringkali dalam tim. Atau mereka beternak atau memancing dan berburu, tergantung pada lokasi mereka.

Laki-laki mungkin diminta untuk melakukan tugas-tugas buruh, seperti membangun dan memelihara jalan-jalan Inca atau bertani di tanah negara Inca atau dinas militer kepada penguasa Inca.

Ketika hal ini terjadi dan para laki-laki dipanggil pergi, tetangga mereka membantu agar pertanian keluarga dapat terus berfungsi.

Perempuan diharapkan menyiapkan makanan, mengasuh anak, dan melakukan tugas-tugas penting seperti membersihkan dan menenun. Yang terakhir menyediakan pakaian wol camelid, biasanya hanya satu set untuk setiap anggota keluarga.

Mengenai pakaian, jika dikenakan, laki-laki mengenakan celana panjang (huara), kemeja tanpa lengan (cushma atau uncu), dan bila perlu jubah wol (yacolla). Wanita mengenakan tunik berikat panjang (anacu) dan yacolla juga.

Alas kaki berupa sandal kulit dan tali wol (usuta). Selain menenun, kerajinan lain mungkin juga telah dibuat, biasanya tembikar, yang dibuat oleh kedua jenis kelamin.

Mungkin waktu makan adalah acara sehari-hari yang paling dinantikan. Sekali di pagi hari dan sekali lagi di malam hari, dengan kayu atau kotoran llama sebagai bahan bakar yang paling umum.

Pola makan sebagian besar adalah vegetarian dengan daging disediakan untuk acara-acara khusus, meskipun masyarakat pesisir memiliki akses terhadap makanan laut.

Bubur quinoa, jagung, dan kentang merupakan makanan pokok. Buah-buahan liar tersedia mulai dari ceri asam hingga nanas, dan camilan termasuk popcorn.

Kedua jenis kelamin akan berpartisipasi dalam upacara keagamaan publik dan perayaan yang berkaitan dengan kalender pertanian. Sedangkan acara utamanya adalah minum bir chicha.

Menari adalah fitur penting dari perayaan ketika penari menirukan aktivitas seperti berburu, menabur, atau berperang. Musik pengiringnya berasal dari panpipes keramik, gendang, lonceng, klakker, kerincingan, rebana, dan terompet kerang.

Kegiatan rekreasi tampaknya jarang dilakukan, namun terdapat bukti adanya olahraga seperti lari dan lompat, permainan papan, dan perjudian menggunakan dadu. Pembacaan puisi, menceritakan mitos dan menyanyikan lagu balada tradisional adalah hiburan populer lainnya.