Perselingkuhan Ratu Spartan dan Perang Troya dalam Mitologi Yunani

By Ricky Jenihansen, Selasa, 10 Oktober 2023 | 07:00 WIB
Perselingkuhan Ratu Sparta Helen dan Pangeran Troya Paris selalu disalahkan. Mereka disebut memicu perang Troya dalam mitologi Yunani. (Princeton University Art Museum)

Nationalgeographic.co.id—Ratu Sparta Helen sering kali disalahkan atas perang Troya dalam mitologi Yunani karena skandal perselingkuhannya dengan Pangeran Troya Paris. Namun pertanyaan tentangnya dalam perang Troya jelas menimbulkan pertanyaan-pertanyaan sulit.

Jan Haywood, ilmuwan sejarah dari Leicester University menulis untuk The Conversation. Menurutnya, kehadiran Helen dalam kisah perang Troya benar-benar sulit dipahami bahkan sejak zaman Homer.

Seperti diketahui, legenda Troy adalah salah satu kisah tertua yang pernah diceritakan, tetapi kisah ini tentu saja menjangkau khalayak baru melalui epik Hollywood Troy tahun 2004 karya Wolfgang Petersen.

Film tersebut, yang merupakan adaptasi longgar dari puisi mitologi Yunani kuno karya Homer, “The Iliad” yang mengisahkan peristiwa-peristiwa utama Perang Troya.

Ini adalah kisah yang penuh dengan pejuang heroik. Seperti Achilles, Hector, Patroclus, pria yang mengungguli semua orang di medan perang.

Yang mereka dapatkan atas kehebatan ini adalah kemuliaan abadi, istilah yang tepat digunakan oleh Homer adalah “kleos”.

Namun tidak semua orang pantas mendapatkan ketenaran abadi seperti ini. Menjelang awal cerita, pangeran Troya Paris jatuh cinta dengan ratu Spartan Helen, yang menikah dengan Raja Menelaus.

Pasangan itu lari ke Troya, di mana mereka disambut dengan hati-hati oleh penguasa Troya, Priam.

Helen dan perang TroyaKetika alur ceritanya terungkap, kehadiran Helen tetap sulit dipahami di Troy, ketika berbagai kerajaan Yunani datang menuntut dia kembali ke Menelaus.

Hasil dari perselingkuhannya dengan Paris hampir tidak perlu dijelaskan lagi, yaitu perang sepuluh tahun dan penghancuran kota Troya.

Pertanyaan tentang keterlibatan Helen dalam konflik signifikan jelas menimbulkan pertanyaan-pertanyaan sulit—dan hal ini sudah terjadi sejak zaman Homer. Dalam Iliad, penyebab perang tidak jelas.

Homer menawarkan kepada pendengarnya (puisi itu akan dibawakan secara lisan) penjelasan yang tidak mudah mengapa orang Yunani bersedia berpartisipasi dalam konflik yang berkepanjangan.