Sisir Pesisir: Fitoplankton Menyerap Karbon dan Memberi Nutrisi Laut

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Selasa, 17 Oktober 2023 | 13:00 WIB
Organisme mikroskopis fitoplankton sebagai bagian awal rantai makanan laut, punya peran penting dalam penyerapan karbon. Unsur-unsur yang dihasilkannya pun memengaruhi kandungan nutrisi laut untuk menjaga kehidupan laut. (NOAA Photo Library)

Nationalgeographic.co.id—Menyerap karbon dari pesisir tidak selalu harus mengandalkan pada pohon mangrove. Pada kawasan tertentu, termasuk di Indonesia, mangrove tidak bisa tumbuh sehingga menjadi upaya sia-sia jika hendak menanamnya dalam upaya pengurangan karbon.

Solusi lainnya adalah mengandalkan fitoplankton. Dalam siklus karbon global, makhluk tidak terlihat di mata telanjang ini, menangkap dan mengangkut karbon ke laut dalam. Demi menjaga pertumbuhannya, mereka tidak hanya mengandalkan karbon, tetapi juga nitrogen dan fosfor.

Pengetahuan tentang kemampuan menyerap karbon bersama nitrogen dan fosfor pada fitoplankton berawal dari ahli kelautan Amerika Alfred C. Redfield pada 1930-an. Redfield mengungkapkan, fitoplankton laut ternyata memiliki konsentrasi unsur karbon, nitrogen, dan fosfor.

Konsentrasi terbesar yang ada pada fitoplankton adalah karbon. Redfield bahkan membuat rasio tetapnya dengan masing-masing perbandingan 106:15:1. Rasio ini yang membuatnya dinamai sebagai rasio Redfield.

Temuan awal dari Redfield ini mengungkapkan secara ilmiah, fitoplankton punya hubungan reaksi dengan unsur-unsur kimia tersebut. Hubungan ini bergantung dengan pompa karbon di laut atau pesisir, siklus nutrisi, dinamika jaringan makanan, dan bahkan respon yang berhubungan dengan iklim.

Penelitian terbaru di jurnal Science Advances meneliti lebih lanjut tentang rasio konsentrasi nitrogen dan fosfor. Pasalnya, nitrogen tampaknya sangat diperlukan bagi fitoplankton untuk bisa tumbuh, berdasarkan pengamatan Redfield selanjutnya dalam sampel air laut yang dikumpulkan.

Penelitian tersebut bertajuk "Effects of phytoplankton physiology on global ocean biogeochemistry and climate", 26 Juli 2023. Para peneliti membawa gambaran seberapa pentingnya fitoplankton di kawasan laut dan pesisir yang seharusnya diperhatikan dalam upaya penyerarapn karbon global.

Para peneliti mengungkapkan, perbandingan atau rasio nitrogen terhadap fosfor (16:1) pada fitoplankton sangat mirip dengan air laut. Mereka meyakini adanya hubungan yang kuat antara sumber nutrisi bagi partikel yang sangat kecil dan sumber nutrisi yang larut pada air laut.

"Ini bagai pertanyaan ayam dan telur," kata Chia-Te Chien, peneliti Biogeochemical Modelling Research Unit GEOMAR Helmholtz Centre for Ocean Research di Kiel, Jerman.

Pengetahuan ini penting bagi kalangan ilmuwan, yang menjadi pertanyaan oleh para peneliti adalah seperti apa perbandingan antara nitrogen dan fosfor ini diatur—apakah kandungan laut mengatur rasio fitoplankton atau sebaliknya?

Jawabannya adalah perbandingan karbon, nitrogen, dan fosfor pada fitoplankton mengontrol perbandingan unsur serupa dalam nutrisi larut. 

Dengan jumlah fitoplanktron yang sangat banyak di seluruh lautan dan pesisir planet Bumi, nutrisi laut pun terpengaruhi, dan berdampak pada tingkat oksigen di laut yang sangat penting dalam sistem planet ini.