Eos, Dewi Fajar dan Panteon Paling Berkilau dalam Mitologi Yunani

By Ricky Jenihansen, Selasa, 17 Oktober 2023 | 09:00 WIB
Dewi Eos di depan kereta matahari. Eos adalah dewi fajar dalam mitologi Yunani. (Creative Commons)

Nationalgeographic.co.idDewi Eos adalah dewi fajar, saudari dewa matahari Helios dan dewi yang paling berkilau dalam mitologi Yunani. Di antara semua panteon (dewa dan dewi), Eos adalah dewi yang mewujudkan rona fajar yang bersinar terang dan diasosiasikan dengan mawar.

Menurut beberapa versi mitologi Yunani, Eos lahir dari dewa Hyperion dan Theia. Eos adalah saudari kandung dewa matahari Helios dan dewi bulan Selene.

Namanya dieja dalam bahasa Yunani Ionik dan Homer Ἠώς, atau Ēṓs, dan dalam bahasa Yunani Attic Ἕως, atau Héōs.

Anak-anaknya adalah Anemoi dan Astraea, dewa dan dewi dari empat mata angin Boreas, Notus, Eurus, dan Zephyrus.

Kemudian dari lima Astra Planeta, atau “Bintang Pengembara”, yaitu planet Phainon (Saturnus), Phaethon (Jupiter), Pyroeis ( Mars), Eosphoros/Hesperos (Venus), dan Stilbon (Merkurius).

Beberapa sumber menyebutkan salah satu putri Eos adalah Astraea, yang merupakan dewi kepolosan dan terkadang keadilan.

Keturunannya yang terkenal lainnya adalah Memnon dan Emathion dari pangeran Troya, Tithonus. Kadang-kadang, Hesperus, Phaethon dan Tithonus disebut sebagai anak-anak Eos oleh pangeran Athena Cephalus.

Dengan kata Romawi yang setara dengan “Aurora”, dia mempersonifikasikan kejayaan hari baru. Pasangannya adalah Astraeus, dewa senja, yang merupakan Titan generasi kedua atau salah satu Gigantes.

Astraeus juga keturunan Tartarus dan Gaia, dewa dan dewi Dunia Bawah dan Bumi. Dewi Eos adalah salah satu Titan, yang bangun setiap pagi dari rumahnya di tepi Oceanus.

Seperti identitas Romawinya sebagai Aurora dan Usha Rigveda di India, Ēṓs menggunakan nama dewi fajar Indo-Eropa sebelumnya yang dikenal sebagai Hausos.

Dewi Eos adalah putri Titan Hyperion dan Theia. Hyperion dikenal sebagai pembawa cahaya, Yang Di Atas, Yang Berkeliaran Jauh Di Atas Bumi. Dalam mitologi Yunani, Hyperion adalah salah satu dari dua belas anak Titan Gaia (Bumi) dan Uranus (Langit).

Sementara Theia disebut sebagai Yang Kuasa, dan juga disebut Euryphaessa, “bersinar luas” dan Aethra, atau “langit cerah”.