Bagaimana Bangsa Viking Bisa Menjadi Tentara di Kekaisaran Bizantium?

By Ricky Jenihansen, Kamis, 19 Oktober 2023 | 08:00 WIB
Garda Varangi adalah tentara bayaran dari bangsa Viking yang ada di dalam Kekaisaran Bizantium. (Giuseppe Rava)

Nationalgeographic.co.id—Bangsa Viking berlayar dari Skandinavia ke seluruh wilayah Eropa. Mereka terkenal karena menyerbu di dalam dan sekitar Kepulauan Inggris dan pantai barat Eropa. Tapi secara mengejutkan, sejarah juga mencatat peran Bangsa Viking dalam Kekaisaran Bizantium, mereka adalah pasukan khusus yang memainkan peran penting dan disukai Kaisar Bizantium.

Namun, yang tidak diketahui banyak orang adalah bahwa mereka juga aktif di wilayah timur. Mereka memainkan perang penting dalam Kekaisaran Bizantium, di mana mereka membentuk Garda Varangia.

Garda Varangia adalah salah satu tentara Kekaisaran Bizantium yang terkenal, mereka adalah tentara bayaran dari bangsa Viking. Mereka memainkan perang yang mengejutkan namun penting dalam Kekaisaran Bizantium.

Tentara bayaranBangsa Varangia adalah bangsa Viking yang berasal dari Swedia. Pada abad kesembilan, sekelompok dari mereka menetap di Rusia Barat Laut, tempat kota Novgorod berada saat ini.

Pemimpin legendaris kelompok ini adalah seorang pria yang bernama Rurik. Ia disebut sebagai Rus’, dan pemukiman tersebut didirikan pada tahun 862 menurut kronik abad ke-12.

Dari Novgorod, bangsa Varangia melanjutkan perjalanan ke selatan menuju Laut Hitam. Selain Rusia, mereka menetap di Belarus dan Ukraina modern.

Seiring berjalannya waktu, mereka mulai mendominasi perdagangan yang melewati kawasan tersebut. Ini adalah posisi kritis dari kekuatan komersial.

Ada banyak perdagangan yang berpindah dari wilayah Muslim di timur ke Kekaisaran Bizantium di barat.

Kadang-kadang, terjadi konflik militer antara Varangia dan Kekaisaran Bizantium. Pada abad kesepuluh di tahun 907, bangsa Varangia bahkan menyerang Kota Konstantinopel.

Pengepungan tersebut tampaknya tidak terlalu berdarah, dan berakhir dengan perjanjian damai antara kedua belah pihak.

Garda Varangia: tentara bayaran Viking dari Kekaisaran BizantiumSebagai hasil dari perjanjian ini dan perjanjian damai lainnya dengan Kekaisaran Bizantium, orang-orang Varangia dari suku Rus menerima hak untuk mengabdi di Kekaisaran Bizantium.

Mungkin karena hal ini membawa prospek kekayaan dan keamanan yang lebih besar, banyak orang Varangia memilih melakukan hal tersebut.