Jagad Phoenix Lasem di Pekan Kebudayaan Nasional, Siap Mendunia!

By Agni Malagina, Sabtu, 21 Oktober 2023 | 08:30 WIB
Kegiatan Program Kartini Bangun Negeri menghasilkan produk kreatif unggulan yang menggunakan warisan budaya sebagai inspirasi karya streetwear untuk pasar generasi Z dan milenial. (Sigit Pamungkas)

Nationalgeographic.co.id—Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah bersama dengan Yayasan Lasem Heritage melibatkan kelompok artisan batik, desainer dan penjahit Lasem membentuk brand Batik asal Lasem bernama Jagad Phoenix yang diresmikan pada 7 September 2023. Program ini merupakan kelanjutan dari program Kartini Bangun Negeri (KABARI) yang telah diinisiasi bersama sejak 2022, 

Melalui strategi brand positioning ini, diharapkan Batik Lasem dapat memperkuat posisinya di kancah nasional hingga global. Strategi branding Jagad Phoenix ini merupakan hasil kontemplasi teori Porter’s Five Forces yang dilakukan tim KABARI bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah dan Yayasan Lasem Heritage.

Jagad Phoenix mengusung semangat 5 vitamin C, yakni Culture, Creative, Collaboration, Community, dan Circular Economy. Kekuatan eksplorasi teknik, pewarnaan alami serta penggunaan bahan-bahan berkualitas dengan desain unik terbatas menjadi strength dari brand Jagad Phoenix.

Selain itu, pengembangan desain motif dilakukan melalui padu-padan warisan budaya dan produk terkini yang ramah lingkungan sehingga menyatu dengan prinsip eco green.

Hasil karya Jagad Phoenix melahirkan beragam produk busana/apparell dan home decor yang ditampilkan pada Trunk Show Festival Kalcer Kata Kota Kita Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) Tahun 2023 yang berlangsung di MBloc Space Jakarta selama Oktober 2023.

Rahmat Dwisaputra, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, menyatakan, “Apresiasi kami sampaikan terhadap kegiatan Trunk Show Festival Kalcer Kata Kota Kita, karena telah mendukung pelestarian budaya dan industri kreatif. Kedua hal tersebut perlu untuk senantiasa didukung dan didorong perannya dalam memperkuat tumbuhnya perekonomian ke depan.” Hal ini juga merupakan salah satu bentuk implementasi program Bank Indonesia pengembangan wirausaha kelompok Subsisten. 

Erny penjahit rumahan di Lasem tengah mempersiapkan produk fesyen batik Lasem berbahan tenun kapas gedog Tuban di sanggar kerjanya. (Sigit Pamungkas)

Keikutsertaan koleksi Jagad Phoenix dalam kegiatan tersebut merupakan bagian dari tahapan uji publik dari program KABARI, yang menampilkan hasil kolaborasi dengan jenama fesyen warna alam Batin—Hayuning Sumbadra atau yang akrab dipanggil Adra dan perupa Arahmaiani.

Keduanya berkarya bersama kelompok kerja Kartini Bangun Negeri dari Rembang sebagai sebuah kelompok kewirausahaan sosial Batik Lasem, yang terdiri dari pemilik rumah batik, desainer lokal, penjahit rumahan yang berjumlah 16 orang. 

Melalui masa inkubasi yang penuh kerja keras dan tantangan untuk menghasilkan inovasi baru yang mengkombinasikan motif desain Lasem yg diaplikasikan menjadi fesyen ready to wear yang menarik. 

Gagasan ini berhasil membawa 22 desain kolaborasi Jagad Phoenix–Batin–Arahmaiani yang dikenakan oleh para model profesional dan Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Hilmar Farid, beserta jajaran Direktur dan Dewan Kurator Gerakan Kalcer, untuk Jenama Berdaya Handoko Hendroyono.

“Inspirasi karya kami adalah akar tradisi batik dan budaya Lasem. Dengan riset, pengembangan serta pemanfaatan, kami ingin berkontribusi merawat bumi, kebudayaan dan bergeraknya ekonomi pusaka di wilayah Kawasan Cagar Budaya Lasem. Arahmaiani menyumbangkan satu motif bunga matahari sebagai pemicu eksplorasi seni dan semangat menghormati alam dan budaya,” jelas Adra.