BERES: Upaya Pengentasan Stunting Perlu Kerja Sama Multipihak

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Senin, 30 Oktober 2023 | 13:31 WIB
Sanitasi buruk dan kekurangan gizi dapat menjadi penyebab stunting pada anak-anak. (Thinkstock)

Nationalgeographic.co.id—Stunting merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak. Indonesia merupakan negara kedua tingkat stunting tertinggi di Asia Tenggara dengan prevalensinya yang mencapai 31,8 persen, menurut Asian Development Bank (ADB).

Gangguan stunting berkaitan dengan gizi kronis yang menjadi salah satu masalah kesehatan. Di kalangan masyarakat, stunting sering dianggap sebagai faktor genetika. Nyatanya, pengaruh genetika pada stunting sangat kecil dibandingkan faktor lingkungan dan pelayanan kesehatan.

Stunting sering menghambat anak-anak dalam hal pertumbuhan tubuh dan gigi, kemampuan fokus dan memori belajar yang buruk, pubertas yang lambat, cenderung lebih pendiam dan tidak melakukan kontak mata saat diajak berbicara, dan berat badan lebih ringan dibandingkan anak-anak seumurnya.

Untuk mengentaskan masalah stunting, diperlukan upaya kerja sama dari tingkat masyarakat, media, pebisnis, sampai pemerintahan. Salah satunya adalah gerakan Bersama Entaskan Stunting (BERES) yang dinisiasi Kamar Dagang dan Industri (KADIN) yang berkolaborasi dengan Kompas Gramedia melalui Tribun Network.

Salah satu upaya bersama untuk mencegah gizi buruk pada anak-anak adalah gerakan Bersama Entaskan Stunting (BERES) yang dinisiasi Kamar Dagang dan Industri (KADIN) yang berkolaborasi dengan Kompas Gramedia melalui Tribun Network. (KADIN & Corcomm Kompas Gramedia)

Selama ini, pemerintah berupaya menurunkan angka stunting di Indonesia hingga 14 persen. Disamping itu, upaya stunting yang berhubungan dengan gizi, berarti juga mengentaskan kemiskinan ekstrem, yang juga diupayakan, demi mewujudkan generasi emas yang sehat dan produktif.

Dalam acara bertajuk “Pencanangan Inisiatif Gotong Royong untuk Pengentasan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem”, Kamis, 26 Oktober 2023 di Studio 1 Kompas TV, Jakarta, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan pentingnya masa depan Indonesia.

Indonesia diperkirakan akan mencapai bonus demografi pada 2030. Budi berharap, momen itu harus dijadikan peluang untuk mewujudkan generasi emas agar Indonesia dapat berpindah dari negara berkembang menjadi negara maju.

Generasi emas dapat diwujudkan dengan pemberian gizi yang cukup untuk anak-anak supaya dapat mengembangkan prestasi. Sebab, Gunadi menambahkan, jika momentum tersebut lewat, dan tidak menaikkan pendapatan masyarakat pada 2030, maka Indonesia bisa terjebak dan masuk dalam middle income trap.

Dalam upaya mengentaskan stunting, BERES menggunakan metode kerja sama "Pentahelix". Pada awalnya, gagasan ini diajukan oleh sekelompok anak muda unuk menyalurkan donasi dan mewujudkan program yang dapat dilakukan secara gotong royong berbagai pihak.

Wakil Presiden Indonesia Ma'ruf Amin memberi sambutan dan mengapresiasi inisiasi BERES dalam upaya pengentasan stunting pada anak-anak sekaligus kemiskinan ekstrem di Indonesia. (KADIN & Corcomm Kompas Gramedia)

Di antara semua yang harus terjalin dalam lingkar kerja sama BERES adalah Pemerintah, bisnis sektor keuangan dan non-keuangan, komunitas masyarakat yang menjadi pegiat implementasi di lapangan, media, dan akademisi.