Selidik Fakta 'Manusia Serigala' yang Muncul di Abad Pertengahan

By Tri Wahyu Prasetyo, Senin, 6 November 2023 | 11:00 WIB
Lukisan Manusia Serigala, karya M. Maurice Sand, 1857. (Public Domain/Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Manusia serigala adalah monster menyeramkan yang muncul di berbagai budaya. Istilah "manusia serigala" pertama kali muncul dalam literatur dan catatan sejarah pada era Abad Pertengahan.

Lebih sering daripada tidak, pembunuh ganas ini berjalan sendirian di antara pepohonan, dengan gigi kelaparan dan cakar mematikan.

Hingga saat ini, manusia serigala masih dapat kita jumpai dalam film maupun buku dongeng. Meskipun demikian, menurut Minjie Su, dilansir dari laman Medievalist, manusia serigala yang kita saksikan saat ini berbeda dengan monster yang ada di Abad Pertengahan.

Monster Serigala Abad Pertengahan

Bagaimana seorang pria berubah menjadi manusia serigala? Dalam budaya populer, monster ini berubah bentuk dari tubuh manusia menjadi serigala dengan kekuatan misterius.

Namun, cara transformasi tersebut, seperti yang kita ketahui, tidak terjadi di abad pertengahan. Menurut Minjie, alih-alih dengan kekuatan misterius, “mereka hanya mengenakan kulit serigala.”

Seorang pria mengenakan kulit serigala sering dijumpai dalam literatur Nordik. Mereka dikenal sebagai "ulfhednar," yang berarti "pria serigala”, sejenis prajurit Nordik yang konon memiliki kemampuan khusus.

Folio 29r dari Bestiary abad ke-13, The Rochester Bestiary. (Public Domain/Wikimedia Commons)

Gerald dari Wales (1146 - 1223), melaporkan tentang seorang pendeta yang bertemu dengan pasangan manusia serigala. 

Sang pendeta menolak untuk melakukan ritual terakhir sesuai permintaan sang pria karena takut bahwa itu merupakan tipuan iblis. Segera, serigala pria 'membuka ritsleting' kulit serigala untuk memperlihatkan seorang wanita tua di baliknya. Seolah-olah itu hanyalah sebuah mantel.

Melalui beberapa literatur, jelas bahwa manusia serigala dalam budaya populer sangat berbeda dengan apa yang terjadi di Abad Pertengahan.

Manusia Serigala dalam Kisah Arthurian