‘Ain Ghazal, Kisah Permukiman Tertua dalam Sejarah Peradaban Manusia

By Sysilia Tanhati, Selasa, 7 November 2023 | 12:33 WIB
Berusia 10.000 tahun, 'Ain Ghazal dikenal sebagai salah satu permukiman tertua dalam sejarah peradaban manusia. Situs ini terletak di pinggiran ibu kota Yordania, Amman. (Zeidan Kafafi)

Nationalgeographic.co.id—Terkenal dengan patung unik berukuran besar, permukiman ‘Ain Ghazal terletak di pinggiran ibu kota Yordania, Amman. Kota ini juga dikenal sebagai salah satu permukiman tertua dalam sejarah peradaban manusia. Bahkan, ‘Ain Ghazal sudah ada ribuan tahun sebelum kekaisaran kuno Sumeria, Mesir, dan Yunani.

Penemuan permukiman tertua dalam sejarah peradaban manusia

“Situs ‘Ain Ghazal ditemukan pada tahun 1974 oleh pengembang,” tulis Greg Beyer di laman The Collector. Saat itu, mereka sedang membangun jalan untuk menghubungkan Amman ke kota tetangga Zarqa. Menyadari bahwa penemuan itu penting, situs tersebut dilindungi dan diperuntukkan untuk penggalian selanjutnya. Namun, butuh waktu 6 tahun untuk memulai pekerjaan penggalian.

Sayangnya, pada saat situs tersebut ditemukan, beberapa ratus meter jalan telah menjorok ke dalam situs tersebut dan menimbulkan kerusakan. Meski demikian, situs tersebut mengungkap banyak sekali penemuan yang mencengangkan dunia arkeologi. Situs ini merupakan penemuan penting yang mengungkapkan sejarah peradaban manusia.

Di bawah arahan arkeolog Amerika Gary O. Rollefson, situs ‘Ain Ghazal mulai digali pada tahun 1982. Selama enam musim hingga tahun 1980-an, Gary Rollefson dan timnya menemukan banyak temuan unik. Penemuan mereka akhirnya dapat menciptakan gambaran tentang kebudayaan yang ada.

Oleh karena itu, ‘Ain Ghazal dianggap sebagai tempat yang sangat berharga. “Juga merupakan bagian tak ternilai dari teka-teki perkembangan manusia prasejarah,” tambah Beyer.

Arkeologi di ‘Ain Ghazal

Rollefson bergabung dengan arkeolog Yordania Zeidan Abdel-Kafi Kafafi. Pada awal 1990-an, tim mereka melanjutkan pekerjaan tersebut.

Yang dilakukan tim adalah sebuah misi penyelamatan untuk menyelamatkan situs tersebut dari perambahan perkotaan. Sejak tahun 2004, situs ini berada di bawah perlindungan World Monuments Fund dan program andalannya, World Monuments Watch.

Periode permukiman

Permukiman di ‘Ain Ghazal dibagi menjadi empat periode. Periode-periode itu diidentifikasi berdasarkan perubahan budaya dan praktik yang diamati dari sisa-sisa manusia di situs. Dihuni selama sekitar 2.000 tahun, ‘Ain Ghazal mulai ditempati pada sekitar tahun 7250 SM dengan periode Neolitik B Pra-Tembikar Tengah. Periode ini berakhir sekitar tahun 6500 SM.

Kemudian, diikuti oleh Neolitik B Pra-Tembikar Akhir, yang berlangsung hingga 6000 SM. Neolitikum Pra-Tembikar C berlangsung dari tahun 6000 SM hingga 5500 SM. Dan terakhir, periode Neolitik Tembikar Yarmoukian terjadi dari tahun 5500 SM hingga 5000 SM.

Pada puncaknya sekitar tahun 7000 SM, ‘Ain Ghazal dihuni oleh sekitar 3.000 orang. Jumlah ini empat hingga lima kali lipat jumlah penduduk di permukiman kontemporer Jericho yang berjarak 52 kilometer.

‘Ain Ghazal, tempat strategis untuk dijadikan permukiman

Lokasi ‘Ain Ghazal 9.000 tahun yang lalu dianggap praktis karena beberapa alasan. Kebutuhan mendesak yang paling penting bagi setiap permukiman adalah sumber air bersih. Air bersih ini disuplai oleh Sungai Zarqa. Letaknya di ketinggian yang signifikan, menawarkan pemandangan area sekitarnya, yang merupakan tempat bertemunya dua ekosistem.

Di sebelah barat permukiman terdapat hutan dan di sebelah timur terdapat gurun stepa terbuka. Keduanya memberikan kesempatan sempurna untuk berburu dan bertani.

Namun, hal ini tidak sesempurna kelihatannya. Selama berabad-abad, gurun dan kawasan hutan terus mengalami perubahan, sehingga masyarakat ‘Ain Ghazal harus terus beradaptasi.

Konstruksi dilakukan dengan gaya yang konsisten dengan budaya Levantine Natufian yang terlihat di seluruh area pada saat itu. Rumah bata lumpur dibangun untuk menampung ruang utama dan ruang depan kecil. Lumpur menutupi bagian luarnya, sedangkan bagian dalamnya dilapisi plester kapur. Setiap beberapa tahun, temboknya diplester ulang.

Gaya hidup dan budaya masyarakat yang tinggal di ‘Ain Ghazal

Masyarakat ‘Ain Ghazal memiliki pola makan yang bervariasi termasuk makanan yang diperoleh dari berburu dan bertani. Hutan dan dataran semi kering menyediakan kekayaan hewan seperti kijang, rusa, kuda, babi, rubah, dan kelinci. Upaya juga dilakukan untuk menjinakkan domba dan kambing.

Selain hewan buruan, tanaman seperti gandum, barley, kacang polong, buncis, buncis, dan lentil juga ditanam. Makanannya juga dilengkapi dengan tumbuhan liar.

Neolitik ‘Ain Ghazal mewakili lompatan besar dalam keberhasilan peradaban manusia. Saat itu, orang-orang dari berbagai daerah berkumpul di ‘Ain Ghazal. Kota ‘Ain Ghazal cukup luas dibandingkan dengan kota-kota sezamannya. Dengan lahan subur yang luas, banyak orang dari permukiman yang gagal di dekatnya bermigrasi ke ‘Ain Ghazal.

Tes DNA menunjukkan bahwa populasi ‘Ain Ghazal terdiri dari setidaknya dua kelompok orang yang berbeda.

Praktik penguburan ‘Ain Ghazal menunjukkan kemiripan yang nyata dengan tetangga mereka di wilayah tersebut. Jenazah dikuburkan dalam posisi tertekuk, biasanya di bawah lantai rumah.

Praktik penguburan ‘Ain Ghazal menunjukkan kemiripan yang nyata dengan tetangga mereka di wilayah tersebut. Jenazah dikuburkan dalam posisi tertekuk, biasanya di bawah lantai rumah. (Gary Rollefson)

Setelah pembusukan yang signifikan, tengkorak, biasanya hanya tempurung kepala, dihilangkan. Mandibula sering tertinggal. Diasumsikan tengkorak tersebut digunakan dalam ritual yang melibatkan semacam praktik keagamaan pemujaan leluhur. Plester digunakan untuk membuat ulang wajah dengan cara yang sama seperti yang dilakukan di berbagai situs Natufian lainnya.

Ada juga bukti bahwa sistem kelas muncul ketika para imigran menjadi bagian dari populasi ‘Ain Ghazal. Banyak jenazah yang dibuang begitu saja di tumpukan sampah. Kemungkinan besar jenazah tersebut adalah jenazah orang-orang kelas bawah, mungkin imigran baru.

Patung-patung yang ditemukan di ‘Ain Ghazal

Catatan khusus mengenai budaya ‘Ain Ghazal adalah prevalensi patung keramik. Baik patung hewan maupun manusia diciptakan menggunakan tanah liat. Patung binatang bertanduk itu ada yang ditusuk bagian vitalnya dan dikubur di dalam rumah. Ada pula yang dibuang ke dalam api. Semua ini menunjukkan adanya hubungan yang kuat dengan agama atau kepercayaan yang melibatkan roh binatang.

Sosok manusia berukuran besar juga ditemukan. “Beberapa di antaranya ditempatkan di bangunan ritual yang dirancang khusus untuk menampung artefak tersebut,” kata Beyer lagi.

Catatan khusus mengenai budaya ‘Ain Ghazal adalah prevalensi patung keramik. Baik patung hewan maupun manusia diciptakan menggunakan tanah liat. (https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/4f/Ain_Ghazal_statue_frontal.jpg/768px-Ain_Ghazal_statue_frontal.jpg)

Meskipun sebagian besar patungnya adalah binatang, ‘Ain Ghazal paling terkenal dengan kumpulan patung manusianya. Beberapa di antaranya tingginya sekitar 60 hingga 90 cm. Patung tersebut dibuat dengan mencetak plester di atas inti kumpulan ranting yang digunakan sebagai angker. Serta dihiasi dengan cangkang cowrie sebagai matanya. Alih-alih ranting-ranting yang dibundel, beberapa patung dibentuk di sekeliling tali yang dikepang.

Banyak patung juga dilukis untuk memperlihatkan pakaian, rambut, dan tato hias. Sebanyak 15 patung utuh dan 15 patung telah ditemukan. Tiga dari patung tersebut memiliki dua kepala.

Sebagian besar patung-patung ini ditemukan terkubur dalam posisi timur-barat dan terpelihara dengan sangat baik. Sebagian besar, alat kelamin tidak ada pada patung dan hanya sedikit patung tertua yang memiliki ciri tersebut. Payudara ditampilkan pada beberapa patung tua dan tubuhnya proporsional dengan kepala. Namun, matanya terlalu besar di semua artefak. Garis luar matanya dicat hitam dengan aspal. Aspal merupakan zat langka dan berharga yang ditemukan di sekitar Laut Mati di masa itu.

Patung-patung tersebut memperlihatkan fitur tersembunyi di dahi, mungkin untuk menempelkan rambut atau topi baja sebagai hiasan. Patung-patung yang lebih tua cenderung lebih individualistis, sedangkan patung-patung yang lebih baru, termasuk patung berkepala dua, tampaknya mengikuti gaya standar.

Ada kemungkinan bahwa patung-patung awal mewakili individu tertentu, sedangkan patung-patung selanjutnya dirancang untuk mewakili siapa pun.

‘Ain Ghazal adalah situs yang sangat penting bagi sejarah peradaban manusia. Pada masanya, kota ini adalah kota besar. Terdapat transisi dari cara hidup pemburu-pengumpul ke cara hidup yang lebih menetap melalui revolusi neolitik di ‘Ain Ghazal.

“Kebangkitan pertanian sebagai kekuatan pendorong di balik dimulainya peradaban,” Beyer menambahkan.

Dinamika penting yang ada di ‘Ain Ghazal adalah evolusi masyarakat yang terstratifikasi, dengan elite sebagai kelas penguasa. Masuk akal jika para imigran dipandang sebagai beban yang tidak perlu bagi masyarakat. Oleh karena itu, imigran diperlakukan sangat berbeda dengan mereka yang berasal dari ‘Ain Ghazal. Ironisnya, hal yang sama masih terjadi di zaman modern.