Apakah Kuda Troya dalam Mitologi Yunani Benar-Benar Kuda Kayu?

By Ricky Jenihansen, Rabu, 8 November 2023 | 07:00 WIB
Replika kuda kayu dari mitologi Yunani yang terkenal. (Creative Commons)

Nationalgeographic.co.id—Kisah kuda Troya adalah salah satu kisah paling terkenal dalam mitologi Yunani yang merupakan klimaks dari legenda dramatis Perang Troya. Namun para peneliti memilikiki gagasan yang berbeda tentang kuda Troya.

Apakah itu benar-benar ada? Atau apakah itu benar-benar kuda kayu? Kemudian, apa saja teori-teori tersebut? Atau bahkan bukti apa yang mendukungnya?

Kuda Troya dalam mitologi YunaniBertentangan dengan kepercayaan umum, kuda Troya tidak muncul dalam Iliad karya Homer. Namun, Homer merujuknya dalam Odyssey-nya.

Penjelasan yang lebih rinci muncul dalam Aeneid karya Virgil dari abad pertama SM. Karya seni Yunani kuno juga menggambarkan kuda.

Menurut catatan ini, orang-orang Yunani membangun kuda Troya setelah memutuskan bahwa itu adalah satu-satunya cara untuk mengakhiri perang mereka yang panjang dan sulit melawan kota Troy.

Kuda troya adalah patung kuda besar, terbuat dari kayu yang bagian dalamnya berlubang. Kuda Troya diberikan sebagai hadiah, tapi itu benar-benar jebakan.

Di dalam patung besar itu, ada tentara Yunani yang tersembunyi. Setelah tentara Yunani pergi (sebenarnya hanya bersembunyi di luar), Trojan membawa Kuda Troya ke dalam kota.

Pada malam hari, tentara Yunani keluar, membuka gerbang kota, dan membiarkan tentara Yunani masuk sehingga akhirnya mengalahkan musuh-musuhnya.

Apakah Kuda Troya adalah pendobrak?Ada berbagai teori yang menjelaskan Kuda Troya sebagai sesuatu selain yang dijelaskan secara langsung dalam Odyssey dan Aeneid. Ada satu teori yang berasal dari zaman kuno.

Pausanias, yang menulis pada abad kedua M, menyatakan, ”Bahwa pekerjaan Epeius adalah sebuah rencana untuk membobol tembok Troya, sudah diketahui oleh semua orang yang tidak menganggap kekonyolan itu dilakukan oleh orang Frigia.”

Di sini, Pausanias menyebut bangsa Troya sebagai ‘orang Frigia’. Dengan kata lain, ia mengatakan bahwa kuda Troya dalam mitologi Yunani secara harafiah bukanlah sebuah patung seekor kuda.

Untuk memahami catatan ini secara harfiah berarti memahami Trojan sebagai sesuatu yang naif. Sebaliknya, kuda Troya adalah metafora untuk semacam 'rencana untuk menerobos tembok Troya'.