Anne of Cleves, Istri Henry VIII Dicap Jelek Sejarah Abad Pertengahan

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 2 Desember 2023 | 11:00 WIB
Anne of Cleves adalah istri keempat Raja Inggris, Henry VIII, yang tercatat dalam sejarah Abad Pertengahan. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id – Anne of Cleves dikenal dalam sejarah Abad Pertengahan sebagai istri keempat Raja Henry VIII yang dicap 'jelek'.

Paling terkenal dengan julukan 'The Flanders Mare' yang tidak menyenangkan, Anne of Cleves sering diabaikan dalam daftar istri Henry VIII. Faktanya, dia tetap menjadi salah satu yang paling luar biasa dari semuanya.

Pensiun setelah kurang dari enam bulan menikah dengan gelar dan status yang bijaksana, Anne mungkin dianggap sebagai istri Henry yang paling beruntung dari semua istri Henry.

Dalam catatan sejarah Abad Pertengahan, Anne dilahirkan di Düsseldorf pada tahun 1515. Bernama asli Anna von der Mark, dia adalah adipati wanita keturunan Jülich-Cleves-Berg. Keluarganya mempunyai simpati Protestan terhadap Reformasi, dan menentang Kaisar Katolik Charles V.

Sebagai seorang anak perempuan, Anne selalu diharapkan untuk menikah dengan siapa pun yang dipilihkan orang tuanya untuknya. Dalam lanskap keagamaan yang penuh gejolak di Eropa pada pertengahan abad ke-16, perkawinan politik bahkan menjadi lebih penting.

Pada usia 11 tahun dia bertunangan dengan putra Adipati Lorraine. Akan tetapi, pertunangan ini terputus ketika keduanya mencapai usia menikah, sebagian karena perselisihan agama antara orang tua Anne.

Perkawinan Cleves-Inggris Bersifat Politis

Eropa terpecah belah karena agama pada akhir tahun 1530-an. Henry VIII, Raja Inggris, sangat ingin membuat aliansi Protestan dalam pernikahan berikutnya. Thomas Cromwell, Ketua Menteri Henry, tertarik pada perkawinan antara Henry berusia 48 tahun yang gemuk dan kelebihan berat badan dan Anne of Cleves yang Protestan berusia 24 tahun, terutama karena alasan politik.

Meskipun Anne tidak mendapatkan pendidikan formal (dan bahkan hampir tidak bisa berbicara bahasa Inggris), dia dianggap berbudi luhur dan mahir dalam keterampilan seperti menjahit dan membuat kartu – teman yang sempurna untuk Henry.

Saat Cromwell sedang merundingkan pernikahan tersebut, Hans Holbein the Younger, salah satu pelukis potret terkemuka saat itu, dikirim untuk melukis Anne dan adik perempuannya, Amalia. Henry dikatakan senang dengan potret yang dihasilkan, dan salinannya dapat dilihat di Paris dan London saat ini.

Namun, Henry kemudian menuduh Holbein menyanjung Anne, menyatakan bahwa dia tidak menarik dalam kehidupan nyata – sedemikian rupa sehingga dia tidak sanggup mewujudkan pernikahan tersebut. Tentu saja busana Jerman yang dikenakan Anne sangat berbeda dengan busana yang sedang modis di istana Inggris pada saat itu. Julukan 'The Flanders Mare' tercipta pada abad ke-17.

Anne dan Henry belum pernah bertemu sebelum pernikahan, dan tidak ada catatan bagaimana Anne menanggapi pertunangan tersebut. Dia melakukan perjalanan ke London dengan rombongan wanitanya untuk bertemu raja pada akhir tahun 1539, dan dalam perjalanan, Henry memutuskan untuk mengejutkan calon istrinya dengan tradisi cinta kesatria yang sebenarnya.