Giants, Ras Mitologi Yunani yang Lahir dari Darah Uranus yang Dikebiri

By Ricky Jenihansen, Rabu, 15 November 2023 | 21:13 WIB
Darah Uranus yang dikebiri menetes ke Bumi dan melahirkan Giants atau Gigantes dalam mitologi Yunani. (Public Domain)

Nationalgeographic.co.idGiants atau gigantes adalah salah satu ras yang dikisahkan dalam mitologi Yunani dengan ukuran yang sangat besar. Mereka terlahir dari tetesan darah Uranus yang jatuh ke Bumi setelah ia dikebiri.

Dalam mitologi Yunani, Giants digambarkan sebagai sosok yang tinggi dan besar. Giants juga memiliki kekuatan yang besar dan menakutkan untuk dilihat, dengan rambut yang panjang dan bersisik.

Ada banyak Giants yang berbeda, beberapa memiliki peran yang lebih menonjol dalam mitologi Yunani dibandingkan yang lain.

Kisah paling terkenal yang melibatkan para Giants adalah Gigantomachy (Pemberontakan Para Giants), yang terjadi setelah Titanomachy.

Giants sejak itu menjadi pemandangan umum di berbagai film, buku, dan acara TV fantasi dan fiksi ilmiah. Termasuk serial Harry Potter (baik buku maupun film), film The Princess Bride (1987), dan buku The BFG oleh Roald Dahl (1916-1990), dan film The BFG (2016) yang juga berdasarkan buku.

Mereka digambarkan sebagai sosok yang ramah dan lemah lembut yang berteman dengan manusia, serta sosok yang kejam dan mengancam. Mereka menggunakan kekuatan kasarnya untuk tujuan yang merugikan manusia, bukan kebaikan.

KelahiranGiants bermunculan dari Gaia (Bumi) setelah Uranus dikebiri oleh putranya Cronus, dan tetesan darahnya jatuh ke Bumi.

"Mereka tidak jatuh dari tangannya dengan sia-sia, sebab setiap tetesan berdarah yang jatuh diterima oleh Bumi."

"Dan saat waktu setahun terpenuhi, dia melahirkanpara Furies, dan para Giants, yang kuat dan besar,Berperang dengan baju besi berkilap, dengan tombak panjang."

(Hesiod, Theogony, 182-188)

Apollodorus menulis bahwa Gaia melahirkan para Giants karena dia kesal dengan para Olympian yang telah menaklukkan para Titan. Penulis Latin Hyginus (64 SM hingga 17 M) menyatakan bahwa Giants adalah keturunan Gaia dan Tartarus (bagian terdalam Dunia Bawah).

Deskripsi & KarakteristikMenurut penulis Yunani Pseudo-Apollodorus dalam Bibliotheca-nya, Giants memiliki ukuran yang tak tertandingi. Giants memiliki penampilan yang menakutkan.