Potret Sejarah Dunia Napoleon Bonaparte, Benarkah Tubuhnya Pendek?

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Senin, 27 November 2023 | 16:00 WIB
Napoleon Bonaparte saat Pertempuran Waterloo. Dia sering digambarkan sebagai kaisar yang punya tubuh pendek. Bagaimana sejatinya tinggi badan Napoleon? (TonyBaggett/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id—Karier militer Napoleon Bonaparte pertama kali yang begitu cemerlang dalam sejarah dunia adalah pada 1796. Saat itu dia membantu Prancis menang secara tidak terduga melawan Austria di Italia. 

Kemenangan perdana Napoleon itu membuatnya mendapatkan julukan "Kopral Kecil". Pada pertempuran selanjutnya, dia menghadiahkan Prancis banyak kemenangan dengan strategi yang berani dan nekat. Dia juga mendulang pujian sebagai pahlawan nasional, dan dielu-elukan masyarakat yang kelak merebut kekuasaan politik Prancis pada 1799.

Setelah kudeta, menggulingkan monarki, Napoleon menjadi kaisar pada 1804. Dia berusaha memperluas pengaruh Prancis ke seluruh Eropa. Ambisinya yang begitu besar didukung oleh semangat Prancis yang ingin mewujudkan dunia yang lebih bebas dari monarki.

Napoleon complex

Meski ambisinya besar dan berkarisma, Napoleon dipandang memiliki perawakan yang pendek. Konon, tentaranya sendiri memberinya hewan peliharaan yang sebagian dinamai dengan le petit (si kecil).

Banyak pengkritiknya menyebutnya sebagai pria kecil, garang, dan perilakunya yang mengintimidasi dan mendominasi adalah supaya terlihat tinggi dari orang sekitarnya. Bagi banyak negara dalam sejarah dunia, Napoleon sangat haus menguasai kekuasaan lainnya di Eropa.

Salah satu yang mengintimidasi Napoleon digambarkan seorang karikatur Inggris James Gillray yang kelak melahirkan kartun politik modern dalam sejarah dunia. Gillray menggambarkan Napoleon seperti pria kekanak-kanakan yang mengubah dunia menjadi mainannya.

Gillray bahkan menyebutnya sebagai "Boney kecil" dengan sosok balita yang menggunakan pakaian berukuran besar.

"Dalam salah satu kartun tahun 1803 yang mengesankan, misalnya, raja Inggris George III secara harafiah memegang pemimpin Prancis di telapak tangannya, memandangnya melalui teropong," ungkap Erin Blakemore di National Geographic.

Cerita tentang tinggi badan Napoleon yang pendek ini masih meragukan bagi sejarawan. Para berpendapat, menggambarkan Napoleon bertubuh pendek sebenarnya adalah ejekan yang merendahkan.

Karikatur buatan James Gillray ini menggambarkan Napoleon Bonaparte yang bertubuh pendek seperti anak kecil yang punya ambisi besar menguasai dunia. (James Gillray/Public Domain)

Bahkan, dalam konteks hari ini, nama Napoleon pun dijadikan sebagai nama sindrom: Napoleon complex (Kompleks Napoleon). Istilah ini merujuk kepada orang bertubuh pendek tetapi memiliki perilaku agresif dan mendominasi.