Kisah Epik Perseus Mitologi Yunani dan Kehadirannya Saat Ini

By Tri Wahyu Prasetyo, Kamis, 14 Desember 2023 | 07:00 WIB
Perseus adalah pahlawan dalam mitologi Yunani kuno. (The Collector)

Nationalgeographic.co.id—Perseus merupakan seorang pahlawan legendaris dalam mitologi Yunani yang dikenal karena petualangan dan keberaniannya. Salah satu kisah paling terkenal tentangnya adalah ketika ia membunuh Gorgon Medusa dan menyelamatkan Putri Andromeda.

Petualangan dan kisah Perseus telah menjadi sumber inspirasi bagi banyak karya seni, sastra, dan budaya, dan Astronomi. Meski kesohor, silsilahnya membingungkan bagi sebagian orang.

Karena hubungannya dengan laut, banyak yang mengira bahwa Perseus berhubungan dengan Poseidon. Namun Perseus, tanpa diragukan lagi, adalah putra raja para dewa, Zeus. 

Penulis Thomas Gregory, dilansir dari laman History Cooperative, menerangkan bahwa tidak ada sumber mitologi yang menyatakan Poseidon sebagai ayahnya, meskipun dewa laut memang berperan dalam kisah Perseus.

“Alih-alih ayah dari Perseus, Poseidon adalah kekasih Medusa, monster laut yang dibunuh oleh Perseus,” kata Gregory.

Dalam banyak sumber mitologi Yunani, Perseus adalah anak dari Zeus dan Danae, seorang putri Argos. Yang lebih penting lagi, dia adalah cucu dari Acrisius dan Eurydice. Kisah kelahiran Perseus dan ramalan kematian kakeknya akan menjadi pusat mitos yang dikenal sebagai "Hujan Emas."

Perseus Mitologi Yunani: Kisah Hujan Emas

Danae adalah anak sulung Raja Acrisius. Sang raja memiliki kekhawatiran bahwa dia tak akan memiliki anak laki-laki untuk mewarisi kerajaannya. 

Acrisius mendatangi Peramal dan menanyakan nasib masa depannya. Alih-alih kabar baik, sang peramal mengatakan bahwa putra Danae akan menjadi penyebab kematian raja yang sudah tua.

Takut dengan ramalan ini, Acrisius memenjarakan putrinya di sebuah ruangan perunggu dan menguburnya di bawah tanah.

Menurut catatan Pseudo Apollodorus, Gregory menjelaskan, ketika sang putri terbelenggu, Zeus menjelma menjadi hujan emas dan merembes ke celah-celah ruangan. 

"Zeus bersetubuh dengannya dalam bentuk aliran emas yang mengalir melalui atap ke pangkuan Danae," jelas Gregory.