Kisah Hercules dan 12 Tugasnya hingga Jadi Pahlawan Mitologi Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 16 Desember 2023 | 08:19 WIB
Ilustrasi patung Hercules dengan 12 pekerjaannya. (Purchase, Paul Ganz, by exchange, 1960/Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.idHeracles atau Hercules adalah salah satu pahlawan paling terkenal dalam mitologi Yunani. Dia adalah seorang manusia setengah dewa yang melakukan prestasi spektakuler selama hidupnya dengan menyelesaikan 12 pekerjaan.

Kisahnya telah diadaptasi berkali-kali oleh penulis dan penyair selama berabad-abad. Namun apa yang mendorong Hercules melakukan tugas tersebut?

Dikhianati Sebelum Lahir

Hercules adalah anak seorang wanita manusia bernama Alcmene. Dia adalah cucu dari pahlawan Perseus yang telah membunuh Medusa. Ayahnya adalah Zeus, raja para dewa dalam mitologi Yunani.

Zeus terkenal karena melakukan perselingkuhan dan menjadi ayah dari puluhan anak selain dari istrinya Hera. Perselingkuhan Zeus sering membuat Hera murka. Sebagai akibatnya dia membalas dendam pada anak-anaknya, termasuk Hercules yang menderita sepanjang hidupnya.

Pembalasan paling awal yang dilakukan terhadap Hercules yang belum lahir adalah Hera yang menawarkan lamaran kepada Zeus. Dia mengusulkan bahwa siapa pun anak berikutnya dari garis keturunan Perseus yang lahir, akan menjadi raja tertinggi. Zeus nyaris tidak ragu untuk menyetujuinya, mengetahui bahwa Hercules akan menjadi putra berikutnya.

Namun, Hera sudah merencanakan balas dendamnya. Dia menunda kelahiran Hercules untuk memastikan anak Zeus yang lain menjadi raja tertinggi.

Dalam upaya awal lainnya untuk menegaskan balas dendamnya, dia mengirimkan dua ular untuk membunuh anak itu. Namun, alih-alih merasa takut, Hercules langsung mencekik ular-ular itu, mengatasi tantangan pertama yang dia hadapi dalam hidupnya.

Kekuatannya yang besar dan sifat cepat marahnya muncul sejak awal kehidupannya. Hal ini menyebabkan dia tidak sengaja membunuh guru musiknya saat masih kecil.

Ayahnya kemudian mengirimnya ke pegunungan untuk menggembalakan ternak. Di sinilah Hercules didekati oleh dewi Kebajikan dan Kejahatan, yang menawarinya dua pilihan, kehidupan yang menyenangkan dan mudah atau kehidupan yang sulit namun penuh kemuliaan.

Hercules memilih kehidupan penuh kemuliaan, yang secara pasti meramalkan betapa sulitnya hidupnya. 

Dendam Hera pada Hercules