Bangsa Skithia Menggunakan Kulit Manusia sebagai Perlengkapan Senjata

By Tri Wahyu Prasetyo, Jumat, 22 Desember 2023 | 07:00 WIB
Salah satu senjata andalan prajurit Skithia adalah busur panah. Dalam penelitian terbaru, sarung anak panah prajurit tangguh ini terbuat dari kulit manusia. (Via Ancient Origins)

Nationalgeographic.co.id—Bangsa Skithia merupakan kelompok masyarakat nomaden yang memiliki sejarah panjang dalam migrasi dan pemerintahan mereka. Mereka berasal dari wilayah yang sekarang menjadi bagian dari Iran dan bergerak ke arah barat dari Asia Tengah ke wilayah Rusia selatan dan Ukraina pada abad ke-8 dan ke-7 SM.

Berpusat di Krimea, mereka mendirikan sebuah kekaisaran yang kuat dan kaya. Kekaisaran ini bertahan selama beberapa abad sebelum akhirnya jatuh ke tangan bangsa Sarmatia pada abad ke-4 SM hingga abad ke-2 Masehi.

Bangsa Skit ditakuti dan dikagumi karena kehebatan mereka dalam berperang dan keahlian berkuda. Mereka adalah salah satu bangsa yang paling awal menguasai seni berkuda, dan mobilitas mereka membuat para tetangganya tercengang.

Mereka juga bangsa yang memelopori pelana canggih, mengungguli peradaban yang sudah mapan dalam pertempuran berkuda.

Salah satu bahan paling berharga bagi orang-orang Skithia adalah kulit. Berbagai benda seperti pakaian, sepatu, hingga peralatan perang dibuat dengan bahan ini. Dalam penelitian terbaru, ditemukan bahwa orang-orang Skithia mendapatkan bahan kulit dari domba, sapi, kuda bahkan manusia.

Wilayah Kekuasaan Skithia

Migrasi bangsa Skit dari Asia pada akhirnya membawa mereka ke wilayah bangsa Cimmeria, yang secara tradisional menguasai Kaukasus dan dataran di utara Laut Hitam. 

Dilansir dari laman Britannica, dalam perang yang berlangsung selama 30 tahun, bangsa Skit menghancurkan bangsa Cimmeria. Hal ini menempatkan mereka sebagai penguasa kekaisaran yang membentang dari Persia barat melalui Suriah dan Yudea ke perbatasan Mesir.

Bangsa Media, yang memerintah Persia, menyerang mereka dan mengusir mereka dari Anatolia. Alhasil, mereka akhirnya menguasai wilayah yang membentang dari perbatasan Persia ke utara hingga Kuban dan masuk ke Rusia bagian selatan.

Senjata Tempur Prajurit Skithia

Relief Bangsa Skithia. (Via World History Encyclopedia)

Pasukan Skithia menggunakan busur melengkung yang canggih dan taktik tabrak lari untuk melawan formasi infanteri. Dengan kemampuan berkudanya, prajurit Skithia dapat melepaskan hujan panah yang mematikan.