Mengapa Mitologi Yunani Diciptakan dan Bagaimana Bisa Tersebar Luas?

By Ricky Jenihansen, Senin, 25 Desember 2023 | 10:30 WIB
The Birth of Venus (1879 CE). Mitologi Yunani diciptakan untuk menjelaskan lingkungan kehidupan manusia. (Museo Nacional del Prado)

Nationalgeographic.co.id—Kisah-kisah dalam mitologi Yunani hingga saat ini telah menginspirasi banyak penulis dan seniman di seluruh dunia. Bahkan beberapa film layar lebar mengangkat kisah dari kisah dalam mitologi Yunani.

Tapi sebenarnya mengapa mitologi Yunani diciptakan dan bagaimana bisa tersebar luas? Untuk menjawab hal tersebut, perlu melihat awal mula mitologi Yunani diciptakan dan digunakan.

Menurut World History Encyclopedia, mitologi Yunani pada saat awal diciptakan digunakan sebagai saran untuk menjelaskan lingkungan tempat umat manusia hidup.

Mitologi Yunani juga menjelaskan fenomena alam yang mereka saksikan dan berlalunya waktu selama hari, bulan dan musim.

Mitos-mitos dalam mitologi Yunani juga terhubung dengan rumit dengan kepercayaan dan menjelaskan asal-usul dan kehidupan para dewa, dari mana manusia berasal dan dari mana ia pergi setelah kematian.

Mitos-mitos Yunani memberi wajah dan karakter kepada para dewa kepercayaan Yunani. Akan tetapi, mereka juga memberi orang nasihat praktis yang bermanfaat tentang cara terbaik untuk menjalani kehidupan yang bahagia.

Tujuan lain dari mitos adalah untuk menceritakan kembali peristiwa sejarah sehingga orang dapat mempertahankan kontak dengan leluhur mereka, perang yang mereka lawan, dan tempat-tempat yang mereka jelajahi.

Penceritaan mitosDalam penggunaan modern, istilah mitos mungkin memiliki konotasi negatif yang menunjukkan kurangnya keaslian dan keandalan.

Namun, tidak boleh diasumsikan bahwa mitos-mitos dengan sepenuh hati diyakini dan tidak boleh diasumsikan bahwa orang-orang Yunani sepenuhnya skeptis terhadap mereka.

Mungkin, mitos-mitos Yunani, seperti halnya sumber kepercayaan atau tidak ditulis, diyakini oleh beberapa orang dan didiskon oleh orang lain.

Mitos tentu saja digunakan untuk tujuan kepercayaan dan pendidikan tetapi juga mungkin memiliki fungsi estetika hiburan yang sederhana.

Yang pasti adalah bahwa mitos-mitos itu akrab dan populer dengan bagian luas masyarakat Yunani melalui representasi umum mereka dalam seni. Apakah itu patung pada bangunan atau adegan publik yang dilukis di tembikar.