Burung Anqa, Burung Foniks dari Mitologi Timur Tengah Abad Pertengahan

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Sabtu, 6 Januari 2024 | 08:09 WIB
Burung anqa adalah makhluk mitologi Timur Tengah yang banyak diceritakan pada masa Abad Pertengahan. Makhluk ini sebenarnya adalah mitologi Arab yang terpengaruh dari kebudayaan-kebudayaan lainnya terkait burung foniks pra-Islam. (Zakariya al-Qazwaini/U.S. National Library of Medicine, NIH )

Nationalgeographic.co.id—Sebagai makhluk mitologi, burung foniks (burung phoenix) terkenal dalam berbagai cerita khayalan masa lalu. Mitologi burung foniks ini sejatinya berasal dari Mesir kuno, Yunani kuno, dan Mesopotamia kuno. Burung ini dikenal hidup abadi atau berumur panjang, penyendiri, dan simbol kesucian.

Seiring perkembangannya, burung ini diadaptasi dalam mitologi kebudayaan lain, termasuk kebudayaan Timur Tengah era Islam. Pada era Islam, foniks dikenal sebagai "anqa" yang disebutkan dalam berbagai cerita rakyat atau mitologi, dan cerita kenabian.

Nama anqa sendiri diketahui berasal dari cerita Kamaluddin Ad-Damiri, ahli hewan dari Kesultanan Mamluk di Mesir. Dalam buku Ḥayatul hayawan al-kubra (Kehidupan Hewan yang Hebat), dia menyebut burung foniks sebagai anqa mugarib. Alasan penamaan itu karena burung foniks seperti memiliki kerah putih di lehernya (unuq, yang masih satu bentuk kata bahasa Arab untuk anqa).

"Dongeng tentang burung 'anqa' ini memiliki ciri khas, karena termasuk dongeng yang mungkin dapat kita kategorikan seperti 'kisah impor'," terang Walid Fikri, sejarawan Mesir dalam buku Mitos-mitos Legendaris dalam Khazanah Klasik Muslim.

Menurut Fikri, cerita burung foniks sebagai mitologi Timur Tengah hari ini juga telah dikenal dalam kebudayaan Arab pra-Islam. Pengenalan ini disebabkan hubungan dagang dan kebudayaan antara bangsa-bangsa lain.

Ketika Islam muncul dan membawa kejayaan bangsa Arab, banyak periwayat yang memasukkan anqa ke dalam cerita keagamaan.

Cerita tentang anqa disebutkan oleh Zakariya al-Qazwaini (1203-1283), ahli geografi dari Kekaisaran Abbasiyah keturunan Arab. Al-Qazwaini menyebut makhluk mitologi Timur Tengah ini dalam bukunya yang berjudul Ajaib Ghara'ib Wa Al-Makhluqat Al-Mawjudat (Keajaiban Penciptaan dan [fenomena] Makhluk-makhluk Unik—terjemahan).

Al-Qazwaini menggambarkan anqa sebagau burung raksasa yang dapat menyambar gajah bagai elang menyambar tikus. Tidak jarang, makhluk ini menyerang manusia. Disebutkan oleh Al-Qazwaini, burung itu memiliki leher panjang yang diutus Tuhan untuk diturunkan di tempat Yajuj dan Majuj berada, dan memakan mereka.

Lebih lanjut, Al-Qazwaini menceritakan tentang anqa seperti pernah melihatnya. Dikisahkan siklus kehidupan anqa bisa hidup selama 1.700 tahun. Makhluk itu, dalam mitologi Timur Tengah, akan kawin saat berumur 500 tahun, dan betinanya akan mengerami telurnya selama 120 tahun.

Burung ini muncul dalam cerita dari imam di Andalusia Ibnu Hazm. Ibnu Hazm mengatakan bahwa Hanzhalah adalah nabi dari bangsa Yahudi keturunan Yehuda yang diamini juga oleh umat muslim. Hanzhalah bin Shafwan diutus untuk bangsa Rass yang menyembah berhala, kemudian dibunuh.

Deskripsi burung anqa oleh Zakariya al-Qazwaini dalam kitab 'Ajaib Ghara'ib Wa Al-Makhluqat Al-Mawjudat'. Burung anqa merupakan mitologi Timur Tengah yang dipengaruhi oleh kebudayaan lain. (Zakariya al-Qazwaini/The Smithsonian)

Hanzhalah berdoa kepada Tuhan agar anqa tidak menyerang tempatnya dan ditempatkan di satu pulau di bawah garis khatulistiwa. Di pulau tersebut, anqa berkuasa atas semua hewan dan tidak memangsa mereka. Untuk mencari makan, anqa akan keluar pulau.