Temuan Kehidupan di Bulan Jadi Hoaks Terbesar Sepanjang Masa

By Galih Pranata, Sabtu, 27 Januari 2024 | 13:00 WIB
Litograf kehidupan di bulan dari kisah bertajuk 'The Great Moon' yang dimuat The Sun yang jadi hoaks terbesar sepanjang masa. (Edinburgh Journal of Science/Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.idSiapa pun yang membaca surat kabar New York, The Sun pada hari Selasa, 25 Agustus 1835, akan menemukan kisah menarik tentang seorang yang berhasil membuktikan adanya kehidupan di bulan. Berjudul "The Great Moon."

Dalam terbitan tersebut memuat serial enam bagian sepanjang 17.000 kata. Serial itu menggambarkan temuan Sir John Frederick William Herschel, yang merupakan seorang astronom Inggris.

Dalam serial tersebut dikisahkan bahwa Herschel melakukan perjalanan ke Tanjung Harapan pada tahun 1834. Petualangannya itu ia tujukan untuk membuat katalog kekayaan fauna di Belahan Bumi Selatan.

Namun, "Herschel menemukan lebih dari sekadar bintang melalui lensa teleskopnya," tulis Sarah Zielinski kepada Smithsonian Magazine dalam artikelnya The Great Moon Hoax Was Simply a Sign of Its Time, terbitan 2 Juli 2015.

Seri pertama dalam surat kabar The Sun di tahun 1835 itu menyebutkan bahwa Herschel tidak hanya menemukan planet-planet di luar tata surya, tapi juga menyelesaikan atau mengoreksi hampir setiap permasalahan utama dalam astronomi matematika!

Kisah tersebut kemudian menggambarkan bagaimana Herschel berhasil menciptakan lensa teleskop raksasa dengan diameter 7,3 meter dengan berat 7 ton—enam kali lebih besar dari lensa terbesar hingga saat ini—dan membawanya dari Inggris hingga Afrika Selatan.

Kemudian kisah pada seri kedua, dimulai dengan penemuan tanda-tanda kehidupan di bulan melalui pengamatan teleskop. Pengamatan itu menunjukkan adanya tumbuh-tumbuhan, bersama dengan pantai berpasir putih dan rangkaian piramida berbentuk ramping.

Selain itu, sudah mulai terlihat juga kawanan hewan berkaki empat berwarna coklat, mirip bison, ditemukan di bawah naungan beberapa hutan di daratan bulan. Adapun terlihat di sebuah lembah, kambing-kambing bertanduk satu, berwarna timah kebiruan, unicorn.

Kehidupan di bulan dalam versi Welsh. (Wikimedia Commons)

Di bagian ketiga, digambarkan lebih banyak hewan yang terdokumentasikan. Terlihat rusa kecil, zebra mini, dan berang-berang berkaki dua. Mereka menggendong anak-anaknya seperti manusia, dan bergerak dengan gerakan meluncur.

Seri-seri dari pengamatan Sir John Herschel terus dinanti-nanti. Sampai akhirnya hal menggemparkan diterbitkan pada seri keempat. Terlihat makhluk yang tampak seperti manusia!