Echetlus, sang Prajurit 'hantu' Yunani Kuno dalam Perang Marathon

By Tri Wahyu Prasetyo, Minggu, 14 Januari 2024 | 09:06 WIB
Relief Echetlus yang bertempur dalam Pertempuran Marathon, pada guci pengabuan. (Christoph Bacher Archäologie Ancient Art)

Nationalgeographic.co.id - Echetlaeus atau Echetlus merupakan nama seorang prajurit “hantu” Yunani Kuno yang muncul secara misterius dalam Pertempuran Marathon. Ia turut membantu pasukan Yunani dalam menghentikan invasi Persia dan kemudian tiba-tiba menghilang.

“Pahlawan perang ini tampaknya muncul entah dari mana. Dia muncul di tengah-tengah pertempuran melawan Persia,” tulis Philip Chrysopoulos, pada laman Greek Reporter.

Kemunculannya di medan perang tidak mencerminkan bahwa ia berasal dari militer terlatih. Alih-alih mengenakan zirah dan peralatan militer, ia hanya menggunakan topi caping dengan senjata yang menyerupai bajak.

Pertempuran Marathon dalam Sejarah Dunia Kuno

Sejarah maraton berasal dari peristiwa berdarah 'Battle of Marathon atau Pertempuran Marathon' antara Yunani melawan Persia. (History)

Pertempuran Marathon adalah pertempuran yang terjadi pada tahun 490 SM antara pasukan Yunani dan pasukan Persia selama invasi Persia ke Yunani. 

Salah satu momen paling terkenal dalam pertempuran ini adalah kemenangan Yunani, terutama kemenangan pasukan Athena.

Pertempuran Marathon dipicu oleh upaya invasi Persia di bawah raja Darius I ke wilayah-wilayah kota-negara Yunani. 

Pasukan Persia berusaha untuk menghukum kota-negara Athena dan Eretria yang memberikan dukungan kepada pemberontak Ionia. Pasukan Yunani yang dipimpin oleh Miltiades menghadapi pasukan Persia di Marathon, sebuah dataran di pesisir timur Attika.

Meskipun pasukan Yunani kalah jumlah, mereka mampu membentuk formasi perisai yang kuat, yang dikenal sebagai falanks. Dalam pertempuran yang berlangsung pada bulan September 490 SM, pasukan Yunani berhasil mengalahkan pasukan Persia.

Echetlus secara misterius muncul membantu pasukan Yunani dalam menghentikan invasi Persia dan kemudian tiba-tiba menghilang. Tidak ada informasi lebih lanjut mengenai Echetlus selain dari catatan-catatan sejarah mengenai keberadaannya dalam Pertempuran Marathon.

Siapakah Echetlus dalam Perang Marathon?