Mitologi Yunani: Atlas Tipu Hercules demi Bebas Kutukan Menopang Bumi

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 21 Januari 2024 | 09:30 WIB
Atlas mencoba menipu Hercules atau Heracles demi terbebas dari kutukan Zeus untuk menopang langit selamanya di mitologi Yunani kuno. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id – Atlas adalah seorang Titan yang terkenal karena kekuatan dan kecerdasannya yang luar biasa di mitologi Yunani kuno.

Atlas adalah pemimpin para Titan dalam perang mereka melawan raja para dewa Olympian, Zeus. Atlas dikutuk untuk menanggung beban bola langit selama-lamanya. Menurut versi lain, dia ditunjuk sebagai penjaga pilar yang memisahkan bumi dan langit.

Atlas juga merupakan dewa yang mengajar umat manusia dalam seni astronomi, alat yang digunakan oleh pelaut dalam navigasi dan petani dalam mengukur musim.

Peran-peran ini sering digabungkan dan Atlas menjadi dewa yang memutar langit pada porosnya, menyebabkan bintang-bintang berputar.

Dia adalah tokoh populer dalam mitologi Yunani kuno, dan muncul dalam kisah para pahlawan seperti Hercules dan Perseus.

Sosok Atlas dalam mitologi Yunani kuno berhubungan erat dengan bumi dan benda langit lainnya, Atlas juga merupakan ahli astronomi, geografi, dan navigasi.

Atlas memiliki keluarga besar yang memiliki koneksi melintasi mitologi Yunani kuno. Menurut tradisi yang paling terkenal, ia adalah putra Titan Iapetus dan Oceanid Clymene. Meskipun ada versi lain yang menyatakan bahwa ibunya adalah Asia (juga seorang Oceanid).

Nama Atlas kemungkinan besar berasal dari kata Yunani kuno yaitu tlēnai, yang berarti menanggung. Hal ini mungkin digunakan untuk merujuk pada reputasi Atlas sebagai pembawa bola langit. Namun, beberapa sarjana modern bersikeras bahwa nama Atlas berasal dari pra-Yunani.

Etimologi alternatif menunjukkan asal usul nama Atlas di Afrika Utara, yang menghubungkannya dengan Pegunungan Atlas di barat laut Afrika. Menurut teori ini, nama Yunani “Atlas” berasal dari kata adrar, kata Berber untuk pegunungan yang melambangkan Titan yang terkutuk.

Atlas memiliki beberapa saudara laki-laki, termasuk Prometheus, Epimetheus dan Menoetius. Beberapa sumber menyebutkan tiga saudara tambahan: Anchiale, Buphagus, dan Dryas di mitologi Yunani kuno.

Atlas memiliki sejumlah kekasih, termasuk Hesperis, Pleione, dan Oceanid Aethra di mitologi Yunani kuno.

Atlas Mencoba Menipu Hercules di Mitologi Yunani Kuno