Kim Sisters, Grup K-Pop yang Mendunia dalam Sejarah Musik Korea

By Laurensia Felise, Jumat, 26 Januari 2024 | 16:40 WIB
Grup musik asal Korea Selatan, Kim Sisters, bersama dengan aktor sekaligus produser film Dean Martin (kedua dari kiri). Kim Sisters meraih kesuksesan sejak kedatangannya di Amerika Serikat pada akhir 1950-an . Mereka menjadi bagian sejarah musik Korea. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Industri musik Korea Selatan atau K-Pop kian mendunia belakangan ini. Namun, K-Pop sejatinya memiliki perjalanan sejarah musik yang panjang.

Banyak penggemarnya yang mengenal musisi dan grup musik bergenre ini pada zaman masuknya Hallyu atau gelombang budaya Korea pada era 2000-an. Akan tetapi, sejarah kehadiran musiknya bisa ditelisik, setidaknya sekitar 70 tahun yang lalu ketika kehadiran Kim Sisters.

Kim Sisters—atau kita bisa menyebutnya Kim Bersaudari—adalah grup musik pop pertama dan bersejarah dari Korea Selatan yang hadir sejak masa Perang Korea pada 1950-an. Anggotanya terdiri atas tiga orang: Kim Sook-ja (Sue) dan Kim Ai-ja yang merupakan sepasang saudari, serta sepupu mereka Kim Min-ja (Mia) yang kemudian menjadi saudari angkat keduanya.

Sue dan Ai-ja besar dari pasangan yang terkenal di bidang musik, yaitu komposer Kim Hai-song dan penyanyi Lee Nan-young. 

Kim Sisters didirikan oleh Lee dengan bekal beberapa rekaman musik Amerika Serikat yang dibeli di pasar gelap, setelah Kim wafat pada era Perang Korea.

Ketika itu tentara Amerika Serikat membutuhkan hiburan. Kim Bersaudara yang dibentuk oleh Lee juga dibuat menyerupai gaya grup-grup musik barat yang populer pada masanya, seperti Andrew Sisters dan McGuire Sisters.

Meski Sue, Ai-ja, dan Mia belum memahami kata-kata dalam bahasa Inggris, mereka belajar membaca lirik-lirik dalam lagu-lagu Amerika Serikat. Cara mereka mengingatnya adalah berdasarkan suara.

Sebagaimana dilansir dari Neon Museum Las Vegas, grup musik ini kemudian populer di kalangan para tentara Amerika Serikat yang berada dalam kamp militer di Korea Selatan selama masa penampilan mereka pada 1953 sampai 1958.

Tidak hanya tampil di depan para tentara, Kim Sisters juga belajar meningkatkan penampilan mereka dan memainkan alat musik setidaknya selama periode lima tahun tersebut. Kombinasi gaya bermusik yang penuh semangat, vokal yang lembut, serta penampilan musik khas barat seperti country dan salsa kemudian menjadi alasan kepopuleran grup musik Korea Selatan tersebut.

Jatuh Bangun Karir Kim Sisters di Negeri Paman Sam

Mulai pada akhir 1950-an, Kim Sisters mulai menarik perhatian sejumlah pihak yang berkaitan dengan industri musik Amerika Serikat. Bob McMackin, mantan tentara yang kemudian menjadi promotor musik, menjadi orang pertama yang membawa Kim Sisters ke Amerika Serikat dan mengenalkannya kepada publik.