Steve Reeves, Binaragawan yang Membawa Mitologi Yunani ke Layar Lebar

By Ricky Jenihansen, Minggu, 28 Januari 2024 | 07:00 WIB
Steve Reeves dalam film Hercules (1958), aktor pertama yang membawa mitologi Yunani ke layar lebar. (Flickr)

Nationalgeographic.co.id — Namanya adalah Steve Reeves, ia adalah orang yang pertama kali membawa mitologi Yunani ke layar lebar. Ia memerankan Hercules pada tahun 1958 dan popularitasnya terus meningkat sejak saat itu.

Pada akhir tahun 1950-an, genre epik sudah menjadi populer, tetapi Reeves adalah aktor pertama yang sepenuhnya mewujudkan fisik pahlawan mitologi Yunani di layar lebar.

Popularitas besar Hercules dan film epik lainnya memulai panggung untuk adaptasi layar lebar lebih lanjut dari mitologi Yunani.

Genre ini terus menjadi populer sepanjang tahun 1960-an dan mengalami kebangkitan kembali pada tahun 2000-an dengan hits blockbuster seperti film Troy.

Reeves juga menetapkan standar baru bagi bintang laga pria. Sebagai binaragawan pertama yang menikmati kesuksesan sinematik arus utama.

Ia menetapkan ekspektasi fisik baru tentang seperti apa seharusnya penampilan seorang bintang aksi di layar lebar.

Kehidupan awal Steve Reeves

Steve Reeves lahir pada tanggal 21 Januari 1926 di Glasgow, Montana di Amerika Serikat. Ayahnya meninggal dalam kecelakaan kerja ketika dia masih muda, dan ibunya memindahkan keluarganya ke Oakland, California.

Perjalanan pelatihan kekuatan dan binaraga Reeves dimulai pada usia sekitar lima belas tahun setelah kalah dalam pertandingan panco dari teman sekelasnya yang lebih kecil.

Setelah mengetahui bahwa teman sekelasnya ini memperoleh kekuatannya dari latihan beban, Reeves mulai mengunjungi gym terdekat.

Atlet hall of fame binaraga masa depan ini kemudian dilatih di bawah bimbingan pemilik gym Ed Yarrick di California.

Namun, ambisinya terganggu oleh Perang Dunia Kedua. Selanjutnya dia mendaftar militer pada tahun 1944 dan ditugaskan ke Filipina.