Tongkat Asclepius, Simbol Kedokteran yang Berasal dari Mitologi Yunani

By Ricky Jenihansen, Selasa, 30 Januari 2024 | 13:00 WIB
Tongkat Asclepius dari mitologi Yunani menjadi simbol kedokteran di seluruh dunia. (British Museum)

Nationalgeographic.co.id—Tongkat yang dililit ular merupakan simbol atau lambang yang digunakan di dunia kedokteran. Simbol tersebut ternyata berasal dari mitologi Yunani yang disebut Tongkat Asclepius.

Seperti diketahui, tongkat Asclepius telah menjadi simbol kedokteran, dunia kesehatan dan pengobatan di seluruh dunia hingga saat ini.

Tongkat Asclepius mengambil namanya dari dewa Yunani Asclepius, dewa yang terkait dengan seni penyembuhan dan pengobatan dalam agama dan mitologi Yunani kuno.

Atribut Asclepius, ular dan tongkat, kadang-kadang digambarkan secara terpisah di zaman kuno yang kemudian digabungkan dalam simbol ini.

Tapi mengapa dan bagaimana sebenarnya tongkat Asclepius bisa menjadi simbol kedokteran? Apa makna simbol tersebut?

Asclepius adalah manusia setengah dewa yang merupakan Putra dewa Apollo. Ia memiliki kekuatan penyembuhan luar biasa sehingga tongkatnya menjadi simbol terkenal yang terkait dengan perawatan kesehatan.

Dewa Apollo adalah dewa cahaya, musik, pemanah, pengobatan, Matahari, dan penyair dalam mitologi Yunani dan mitologi Romawi. Kemampuan Asclepius dalam pengobatan sepertinya berasal dari ayahnya ini.

Tongkat Asclepius ditampilkan pada logo Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO). Selain itu, banyak apotek di seluruh dunia yang mencantumkan simbol ini di logo atau papan simbolnya.

Tongkat Asclepius (dikenal juga sebagai Tangkai Asclepius) adalah tongkat atau tangkai dengan ular yang melilit.

Dalam mitologi Yunani, Asclepius adalah dewa penyembuhan dan pengobatan. Ayahnya adalah dewa Apollo dan ibunya adalah Coronis.

Kisah Asclepius dalam mitologi Yunani berawal dari ketika Coronis mengandung Asclepius, dia berselingkuh dengan pria lain, yang membuat marah dewa Apollo.