Punya 100 Anak, Siapa Anak Terakhir Zeus di Mitologi Yunani?

By Hanny Nur Fadhilah, Rabu, 31 Januari 2024 | 13:00 WIB
Zeus memiliki lebih dari 100 anak di mitologi Yunani kuno. (Atcorfu.com)

Nationalgeographic.co.id—Zeus memiliki begitu banyak anak di mitologi Yunani kuno. Mulai dari Hercules yang legendaris hingga Ares yang penuh kebencian, tetapi siapa di antara mereka yang merupakan anak terakhirnya?

Zeus mempunyai banyak istri selingkuhan dan lebih dari 100 anak. Tidak ada bukti siapa anak terakhir Zeus karena perilakunya yang penuh nafsu.

Dia memiliki banyak anak dengan dewa dan manusia, tetapi tidak semuanya dikenali atau diberi peringkat berdasarkan usia. Ada beberapa spekulasi dan rumor tentang anak bungsunya, yaitu Hermes, Dionysus, dan Caerus.

Meskipun kita tidak tahu persis siapa anak bungsu Zeus, beberapa anaknya dinobatkan sebagai anak bungsu karena kriteria lain.

Melalui banyak catatan mitologi Yunani, kita banyak mengetahui tentang anak-anak Zeus seperti yang terkuat, Hercules, yang paling dibenci, Ares dan yang paling bijaksana, Athena.

Meskipun demikian, tidak ada cukup bukti untuk menunjukkan peringkat mereka berdasarkan usia di mitologi Yunani kuno.

Fakta bahwa mereka adalah dewa juga tidak menjadikannya lebih baik. Dewa bersifat abadi dan awet muda oleh karena itu tidak ada batasan usia tertentu untuk masing-masing dewa.

Tidak ada catatan spesifik mengenai kelahiran mereka juga. Oleh karena itu, tidak mungkin untuk mengetahui siapa yang datang pertama atau terakhir.

Tindakan perzinahan Zeus yang tiada henti juga tidak membantu mengetahui bahwa dia telah meniduri banyak manusia dan sejumlah makhluk abadi. Tidak semua putra atau putri Zeus tercatat dalam mitologi.

Sejauh yang kita tahu, mitologi Yunani hanya setua waktu yang tercatat dalam sejarah kebudayaan Yunani. Itu tidak berarti bahwa anak-anak Zeus tidak pernah diberi nama terakhir.

Kita tidak dapat membedakan anak-anak Zeus yang kuat mana yang termuda, tetapi beberapa telah menyandang gelar tersebut dengan kriteria berbeda sebelumnya.