Di Manakah Pintu Masuk Hades, Dunia Bawah dalam Mitologi Yunani?

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 3 Februari 2024 | 19:00 WIB
Ilustrasi pintu masuk Hades, dunia bawah dalam mitologi Yunani (Flickr)

Nationalgeographic.co.id—Dalam mitologi Yunani, Hades adalah dunia bawah dalam mitologi Yunani, tempat bagi para roh yang telah meninggal. Hades berada jauh di dalam tanah atau di perut Bumi.

Hades dijaga oleh dewa yang juga memiliki nama yang sama, yaitu Dewa Hades. Hades merupakan penguasa mutlak di sini, dan merupakan figur yang menakutkan bagi orang yang masih hidup.

Namun sebenarnya, di manakah pintu masuk ke dunia bawah Hades? Bisakah orang hidup masuk ke sana?

Menurut catatan orang-orang Yunani kuno, mereka mengaitkannya dengan sejumlah tempat di dunia nyata.

Hal ini utamanya terkait dengan pintu masuknya. Teks Yunani kuno menempatkan pintu masuk ke Hades di lokasi tertentu di Yunani.

Heracles dan pintu masuk ke Hades

Dalam legenda Herakles yang melakukan dua belas tugas, pekerjaan terakhirnya mengharuskan dia turun melalui pintu masuk Hades.

Hercules (Heracles dalam bahasa Yunani) mungkin adalah salah satu pahlawan paling terkenal dalam mitologi Yunani dan Romawi. Menurut legenda, Hercules adalah setengah dewa, lahir dari ibu manusia dan ayahnya Zeus, keturunan dewa.

Saat Herakles melayani Raja Eurystheus, Hercules menyelesaikan prestasinya yang paling terkenal, yaitu Dua Belas Pekerjaan.

Tugas-tugas besar ini telah berlangsung selama berabad-abad. Banyak di antaranya telah diadaptasi ke dalam berbagai versi kisah Heracles, termasuk Hercules versi Disney.

Dia harus melakukan perjalanan ke dunia bawah untuk menangkap Cerberus, anjing Hades yang menjaga pintu masuk. Dia juga menyelamatkan Theseus saat dia berada di sana.

Kisah Heracles yang melewati pintu masuk Hades telah berkontribusi besar dalam mempopulerkan lokasinya dalam sumber-sumber modern.