Selidik Pankration, Seni Bela Diri Mematikan dari Yunani Kuno

By Tri Wahyu Prasetyo, Minggu, 4 Februari 2024 | 11:00 WIB
Pankration merupakan olahraga bela diri yang sangat populer di zaman Kuno. (Via Ancient Origins)

Nationalgeographic.co.id - Pankration adalah olahraga bela diri Yunani kuno dan merupakan acara paling populer di Olimpiade Yunani kuno. Istilah Pankration muncul dari kata "pan" yang berarti semua, dan "Kratos" yang berarti " daya atau kekuatan".

Meskipun cabang olahraga ini terkenal akan kebrutalannya, ia berhasil menarik perhatian para atlet paling mengesankan di dunia Yunani kuno.

Tidak sekadar ajang untuk pamer kekuatan, teknik, maupun nilai-nilai bela diri, bagi masyarakat kala itu, menjadi bagian dalam Pankration adalah sebuah kehormatan.

Asal-usul Pankration Yunani Kuno

Menurut Scott Mclaughlan, dilansir dari laman The Collector, "Pertandingan kelas berat" Olimpiade Kuno terdiri dari tiga cabang olahraga tarung.

Tinju Olimpiade Kuno, Menurut Scott, meskipun brutal, dipandang sebagai olahraga yang jujur. “Saling menghormati dan permainan yang adil sangat ditekankan.”

Gulat bergabung dalam pertandingan pada tahun 708 SM dan juga dianggap sebagai olahraga yang mulia. Filsuf aristokrat Plato adalah seorang pegulat di masa mudanya.

“Terlahir dengan nama Aristokles, pelatih gulatnya, Ariston dari Argos, menjulukinya "Platon" (yang berarti "berbahu lebar") karena fisiknya,” jelas Scott.

Pada tahun 648 SM, tinju dan gulat menyatu menjadi pertarungan tangan kosong terliar–nyaris tanpa aturan yang pernah ada di dunia olahraga.

“Pankration adalah bentuk gulat berbahaya yang mengizinkan serangan, tendangan, dan teknik bergulat, termasuk kuncian dan cekikan pada sendi tubuh bagian atas dan bawah. Satu-satunya teknik yang dilarang adalah menggigit dan mencungkil mata,” terang Scott.

Hanya ada sedikit informasi yang masih ada tentang sejarah maupun teknik-teknik Pankration. Banyak yang menduga hilang dalam penghancuran Perpustakaan Alexandria.

Panathenaic amphora yang menggambarkan pertandingan pankration, dibuat di Attika oleh Pelukis Kleophrades sekitar tahun 500 SM. ( The Metropolitan Museum of Art)