Seperti Apa Jenis Permainan Anak-anak di Sejarah Romawi Kuno?

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 12 Februari 2024 | 09:00 WIB
Ukiran di batu marmer yang menggambarkan anak-anak bernyanyi dan bermain alat musik di sebuah gereja di Florence, Italia, karya Luca della Robbia. (Wikimedia Commons)

 

Nationalgeographic.co.id—Mainan ternyata sudah ada sejak zaman kuno. Salah satunya di sejarah Romawi kuno, jenis permainan anak-anak sangat beragam.

Permainan anak-anak di sejarah Romawi kuno berakar kuat pada aktivitas fisik. Lari, gulat, dan atletik adalah hal yang biasa.

Jenis aktivitas dalam permainan ini juga memiliki keunggulan kompetitif dan kognitif, seperti bentuk kuno 'petak umpet' dan 'berburu'. Bangsa Romawi juga memiliki versi permainan seperti 'tic, tac, toe.' 

Aktivitas berenang juga tersebar luas. Hal ini terutama di daerah dekat laut, meskipun sebagian besar penduduk Roma tidak pernah jauh dari sungai tempat mereka bisa berenang.

Permainan Dadu, Kelereng, dan Puzzle di Sejarah Romawi Kuno

Ketika menggunakan benda-benda fisik sebagai mainan, yang paling umum adalah benda-benda yang akrab bagi setiap anak sekolah di abad ke-20. 

Misalnya, sesuatu yang mirip kelereng dikumpulkan dan dimainkan oleh anak-anak Romawi. Begitu pula yo-yo, yang terakhir telah digunakan sejak sekitar abad kelima SM ketika muncul di kalangan orang Yunani. 

Di sejarah Romawi kuno, jenis permainan anak-anak sangat beragam. (Public domain)

Bangsa Romawi juga menerbangkan layang-layang dan menggunakan panggung sebagai bentuk hiburan. Permainan puzzle dan permainan papan juga dimainkan. 

Misalnya, 'noughts and cross' dimainkan pada zaman Romawi. Saat ini terdapat bukti arkeologis dari beberapa ukiran di tangga Forum Romawi di pusat kota Roma itu sendiri.

Bentuk yang lebih canggih berkisar dari permainan puzzle dasar, di mana potongan-potongan dipindahkan di sekitar papan untuk membentuk suatu objek.

Selain itu, terdapat permainan papan yang lebih rumit dan memerlukan keterampilan kognitif cukup besar. Salah satunya adalah permainan yang disebut tabula, yang mirip dengan backgammon.