Nasib Odysseus, Pahlawan Mitologi Yunani Setelah Perang Troya

By Hanny Nur Fadhilah, Rabu, 14 Februari 2024 | 14:00 WIB
Odysseus, pahlawan di mitologi Yunani kuno terlibat dalam Perang Troya. (Public domain)

 

Nationalgeographic.co.idOdysseus adalah pahlawan di mitologi Yunani kuno. Dalam epos penulis Yunani Homer, Odysseus digambarkan sebagai pria luar biasa yang dipuji karena keterampilan dan kebijaksanaannya yang membantu menyalip kota Troy.

Sayangnya, dia membuat marah para dewa. Dalam perjalanan kembali dari Troy ke tanah airnya, Ithaca kapal miliknya dihancurkan oleh Zeus. 

Apa yang sebenarnya dilakukan pahlawan tersebut sehingga memancing murka dewa di mitologi Yunani kuno?

Selama kemenangannya kembali dari Pertempuran Troy, dia diperingatkan oleh Dewi Circe tidak boleh menyakiti ternak Helios apapun kondisinya.

Awaknya tetap memakan ternak tersebut meskipun ada peringatan yang mendorong Helios meminta bantuan Zeus untuk menghancurkan kapal Odysseus.

Odysseus, putra Laertes dan Anticleia, adalah pahlawan yang digambarkan dalam epik Homer, Odyssey. Sejak itu menjadi salah satu tokoh yang paling sering digunakan dalam Sastra Barat.

Dalam tradisi selanjutnya, ia dianggap sebagai putra Sisyphus, saudara laki-laki Salmoneus. Dia digambarkan oleh Homer sebagai pria yang banyak akal yang memiliki kebijaksanaan, daya tahan, dan keberanian luar biasa yang membantunya mengatasi banyak situasi sulit yang akan terjadi dalam hidupnya.

Dalam Illiad, puisi lain karya Homer, Odysseus adalah orang terbaik yang mampu mengatasi banyak krisis Yunani. 

Dia tidak hanya berperan besar dalam rekonsiliasi Agamemnon dan Achilles, yang membalikkan keadaan Perang Troya, namun dia juga seorang pejuang terampil, ditampilkan berkali-kali dalam kedua epos yang ditulis oleh Homer.

Kuda Troya, strategi yang digunakan oleh Spartan untuk memenangkan Perang Troya setelah 10 tahun yang panjang adalah gagasan Odysseus saat ia ingin mengakhiri perang.

Strategi ini memungkinkan Spartan menyusup ke Troy dan merebutnya, sehingga memungkinkan kemenangan mereka.

Alasan mengapa dia ingin mengakhiri perang adalah karena istrinya, Penelope, telah melahirkan putranya, Telemakus, dan dia tidak menginginkan apa pun selain kembali kepada mereka.