Apa Jadinya Jika Aleksander Agung Menginvasi Kekaisaran Romawi?

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Minggu, 18 Februari 2024 | 14:30 WIB
Alekander Agung dalam sebuah detail mosaik. Seandainya Aleksander menguasai Italia setelah Persia, mungkin Kekaisaran Romawi yang hebat tidak pernah ada dalam sejarah. (Public Domain/Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id - Kekaisaran Persia di bawah dinasti Akhemeniyah jatuh setelah kematian Darius III pada 330 SM. Pewaris takhtanya adalah Aleksander Agung dari Makedonia yang dari awal adalah rival Darius III. Dengan demikian, kekuasaan Aleksander Agung terbentang dari Yunani, Timur Tengah, sampai Lembah Indus.

Sebagai raja muda dari kerajaan Makedonia yang kecil, Aleksander punya mimpi bisa menguasai dunia. Dia berambisi untuk bisa menguasai India, walau akhirnya didesak oleh pasukannya sendiri untuk mundur.

Padahal, dengan menjadi orang nomor satu di tiga peradaban (atau empat), Aleksander Agung memiliki militer yang luar biasa. Kekuatan militernya berasal dari Yunani dan Makedonia, Mesir, dan satrap-satrap Persia yang tersebar di Timur Tengah, India, dan Asia Tengah. Hal ini bisa menopang ambisinya melakukan perluasan kekuasaan lagi.

Berbeda dengan halnya ketika hendak mengalahkan Persia pada awal kampanye militernya. Aleksander harus mengkonsolidasikan kekuatan Yunani dan Makedonia, serta membebaskan negeri-negeri Yunani di Turki dan Mesir yang terjajah Kekaisaran Persia.

Juga, dalam kampanye militer awalnya, Aleksander Agung hanya memiliki pasukan sedikit saat berhadapan dengan Kekaisaran Persia. Jumlahnya kalah telak di Pertempuran Issus. Namun, di Issus, Aleksander Agung bisa memanfaatkan celah pertahanan Kekaisaran Persia, sehingga Darius III terpaksa melarikan diri.

Dengan kekuatan yang dimiliki setelah naik takhta di Babilonia, mungkinkah Aleksander Agung menguasai Roma?

Imajinasi sejarah: Aleksander Agung menyerang RomawiPara ahli sejarah dunia kuno berdebat akan keberhasilan Aleksander Agung untuk bisa menguasai Romawi kuno di Italia. Pada abad keempat SM, Romawi kuno hanyalah kerajaan kecil yang menguasai sebagian Italia.

Kalangan ahli sejarah dunia kuno yang yakin kemampuan Aleksander Agung di Babilonia didasari oleh kekuatan militer. Sayangnya, Aleksander Agung wafat dengan usia muda pada 323 SM (32 tahun).

Kesempatan itu sirna. Setelah kematiannya, kekuasaan Aleksander Agung terpecah menjadi empat bagian. Para jenderalnya, termasuk teman dekatnya Ptolemaeus, berebut kuasa. Perang saudara pun terjadi. Hal ini membuat perluasan wilayah sangat tidak mungkin.

Akan tetapi, andai Aleksander berkesempatan memiliki umur panjang, mungkin Romawi kuno dapat ditaklukkan, dan menghapus Kekaisaran Romawi dari sejarah sebelum puncaknya. Philip Freeman, profesor di Pepperdine University mengungkapkan, ada banyak koloni Yunani di Italia, seperti di Sisilia.

“Bangsa Romawi sangat tangguh dan akan melawan, namun mereka belum menjadi kekuatan yang kuat di abad-abad berikutnya,” kata Freeman, dilansir dari Live Science. "Jika Aleksander menginvasi, saya pikir tidak akan ada Kekaisaran Romawi karena kekuasaan Romawi sudah dipadamkan sejak awal."

Jika Aleksander mengkonsolidasikan kekuatan yang dimiliki ke barat, penguasaan ke Romawi akan berjalan lancar. Freeman menambahkan, koloni-koloni orang Yunani di Italia akan menyambut Aleksander Agung.