Benarkah Orang Makedonia, Keturunan Hercules Pahlawan Mitologi Yunani?

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 19 Februari 2024 | 14:00 WIB
Istana Philip II di Aigai, Makedonia, Yunani, tempat Alexander Agung menjadi raja Makedonia 2.300 tahun lalu. (Greek Reporter)

Nationalgeographic.co.id—Kerajaan Makedonia Yunani kuno menjadi salah satu kerajaan Yunani terpenting sepanjang masa di bawah pemerintahan Alexander Agung. Hal ini terjadi pada abad keempat SM. Namun, bagaimana asal usul kerajaan ini? Benarkah ada kaitannya dengan Hercules, pahlawan mitologi Yunani?

Keturunan Hercules

Salah satu fakta mengejutkan tentang orang Makedonia adalah bahwa mereka diyakini merupakan keturunan Heracles yang terkenal, yang juga dikenal sebagai Hercules.

Legenda ini muncul sejak tulisan Herodotus, orang pertama yang banyak menulis tentang sejarah Yunani kuno. Hercules adalah pahlawan mitologi Yunani kuno yang merupakan manusia setengah dewa. 

Menurut Herodotus, cicit Hercules adalah Temenus. Pria ini adalah raja Argos yang mempunyai tiga orang putra. Salah satu putranya adalah Perdiccas.

Menurut catatan Herodotus, Perdiccas dan saudara-saudaranya meninggalkan Argos dan melakukan perjalanan ke utara, mendirikan negara kota mereka sendiri dengan Perdiccas sebagai rajanya.

Negara kota ini berada di wilayah yang disebut Makedonia. Namun, kapan asal usul kerajaan Makedonia yang legendaris ini benar-benar terjadi?

Keturunan Perdiccas lima generasi kemudian adalah seorang raja bernama Raja Amyntas I. Ia adalah pengikut Darius I dari Persia, jadi tanggal pastinya sudah pasti.

Ia tampaknya lahir sekitar tahun 570 SM. Menghitung mundur lima generasi hingga lahirnya Perdiccas membawa kita ke sekitar tahun 670 hingga 695 SM dengan rata-rata dua puluh hingga dua puluh lima tahun per generasi.

Oleh karena itu, meskipun kita tidak dapat menentukan tanggal pastinya, asal muasal sejarah Makedonia pasti berasal dari pertengahan abad ketujuh SM, ketika Perdiccas dan saudara-saudaranya meninggalkan Argos untuk mendirikan negara kota mereka sendiri.

Apakah asal usul orang Makedonia berasal dari Caranus?

Namun, bertentangan dengan narasi ini, banyak sumber menyatakan bahwa Caranus tertentu bertanggung jawab atas asal usul orang Makedonia.