Lukisan Mewah Pompeii Mengungkap Kisah Saudara Kandung Mitologi Yunani

By Ricky Jenihansen, Selasa, 19 Maret 2024 | 10:00 WIB
Lukisan dinding di Pompeii menggambarkan mitologi Yunani tentang Phrixus dan Helle. (Archaeological Park of Pompeii)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah lukisan mewah Pompeii telah mengungkap kisah saudara kandung dalam mitologi Yunani. Lukisan dinding mewah itu ditemukan selama penggalian di reruntuhan kota kuno Pompeii.

Lukisan itu masih terlihat jelas, berwarna-warni meski telah berumur lebih dari 2.000 tahun. Lukisan itu termasuk di antara beberapa lukisan dinding yang ditemukan selama pekerjaan restorasi di sekitar rumah besar House of Leda.

“Di antara dekorasi Gaya IV yang menutupi dinding belakang, lukisan mitologi Yunani menggambarkan Phrixus dan Helle yang melarikan diri dengan domba jantan Bulu Emas,” tulis Taman Arkeologi Pompeii dalam sebuah pernyataan di situsnya.

Lukisan dinding di Pompeii menggambarkan mitologi Yunani tentang Phrixus dan Helle

Lukisan dinding mewah itu menunjukkan adegan dari mitologi Yunani tentang Phrixus dan saudara kembarnya Helle.

Mereka melarikan diri dari ibu tiri mereka Ino dengan seekor domba jantan ajaib yang memiliki Bulu Domba Emas.

Lukisan dinding tersebut menggambarkan Phrixus di atas seekor domba jantan sementara saudara perempuannya terlihat jatuh ke dalam air.

Lukisan mewah itu dibuat seolah-olah itu adalah gambar berbingkai, digantung di dinding kuning.

Bulu Emas adalah bulu domba jantan tertentu bernama Chrysomallos. Domba jantan ini adalah putra Poseidon, dewa laut dalam mitologi Yunani.

Peri awan bernama Nephele mengirim domba jantan itu untuk menyelamatkan anak kembarnya, Phrixus dan Helle, agar tidak dikorbankan.

Domba jantan itu berhasil melakukan hal ini, tetapi saat ia membawa si kembar ke tempat aman di Colchis, (bagian barat Georgia modern) Helle terjatuh dan tenggelam di laut.

Setelah Phrixus dan domba jantan itu tiba di Colchis, Phrixus menyembelih domba jantan itu.