Bagaimana Orang Zaman Dahulu Memperoleh Pengetahuan Anatomi?

By Utomo Priyambodo, Kamis, 28 Maret 2024 | 09:00 WIB
Ilustrasi anatomi tubuh manusia. Bagaimana orang zaman dahulu bisa mempelajari anatomi? (Wellcome Images)

Nationalgeographic.co.id—Ketika kita memikirkan tentang anatomi saat ini, berbagai gambaran muncul di benak kita. Mungkin Anda dibawa kembali ke masa SMA, ketika membedah organ katak adalah jendela pertama Anda untuk melihat bagian dalam tubuh. Atau mungkin Anda membayangkan lingkungan rumah sakit yang dingin dan steril tempat mayat-mayat yang mulai memutih tergeletak di atas meja krom, menunggu untuk diperiksa oleh mahasiswa kedokteran yang bersemangat ataupun tidak begitu bersemangat.

Terlepas dari apa yang terlintas dalam pikiran, kemungkinan besar ini adalah semacam representasi yang merupakan hasil dari tradisi dan pengetahuan medis yang diperoleh selama berabad-abad. Namun pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana semuanya dimulai?

Nah, sebuah makalah studi baru menawarkan beberapa perspektif tentang berbagai aktivitas dan pengalaman yang mungkin dimiliki orang-orang zaman dahulu yang mungkin memberikan wawasan tentang bagian-bagian tubuh yang tersembunyi. Makalah ini awalnya merupakan bagian dari disertasi PhD penulis pertama Grzegorz Wysiadecki. Selama berabad-abad, pengamatan yang awalnya sederhana dan biasa-biasa saja terhadap manusia dan hewan ini mungkin telah membantu terakumulasi menjadi kumpulan pengetahuan formal.

Intinya, para penulis berpendapat bahwa ada lima jenis peluang yang memungkinkan orang zaman dahulu mulai mengamati anatomi. Di antaranya penyiapan tubuh hewan untuk dimakan, penggunaan isi perut hewan untuk ritual magis dan ramalan, pemanfaatan hewan untuk kurban dalam upacara keagamaan, proses pembalseman tubuh manusia untuk persiapan akhirat, dan pengamatan luka parah pada tubuh orang yang terluka.

Yang pertama sudah cukup jelas, tetapi yang lain perlu ditelusuri lebih detail.

Pelajaran Anatomi Dr Willem van der Meer oleh Michiel van Mierevelt. (Public Domain/Wikimedia Commons)

Meramal sedikit demi sedikit

Mengenai penggunaan organ hewan untuk ramalan, orang Babilonia percaya bahwa petunjuk tentang tatanan kosmik dapat diperoleh dengan memeriksa tanda-tanda tersembunyi. Salah satu sumber tersebut adalah isi perut hewan yang oleh para pendeta, yang disebut "baru", akan secara efektif diteliti sebagai bagian dari apa yang para penulis anggap sebagai contoh pertama dari “perbandingan anatomi.”

Namun, hal ini tidak sama dengan jenis “penelitian ilmiah” yang kita pahami saat ini. Meskipun para penulis menekankan bahwa tujuan mengumpulkan pengetahuan anatomi dalam konteks ini adalah untuk mencari tanda-tanda yang berfungsi sebagai sumber ramalan, mudah untuk mengasumsikan adanya hubungan yang lebih erat antara praktik-praktik yang berbeda ini daripada yang seharusnya terjadi.

Ini merupakan tantangan untuk melihat kembali aktivitas sejarah dengan tujuan mencocokkannya dengan versi masa kini. Kita bisa dengan mudah meratakan masa lalu dan menyederhanakan perbedaan untuk membuat kronologi yang koheren. Namun, tim tersebut menyajikan beberapa contoh menarik tentang bagaimana orang-orang zaman dahulu pertama kali mulai mengaduk-aduk bagian dalam tubuh.

Misalnya, orang Babilonia percaya bahwa hati adalah organ yang sangat penting untuk ramalan karena dianggap sebagai tempat kedudukan jiwa dan titik di mana aktivitas emosional dan mental berlangsung. Mereka akan mencari hati domba untuk membuat ramalan, yang tidak hanya mengharuskan para pendeta mengetahui di mana organ itu berada, tetapi juga berarti mereka menjadi sangat paham dengan bentuk, ukuran, dan detailnya.

Untuk membantu mempelajari apa yang harus diperhatikan pada tanda-tanda hewan ini, orang-orang zaman dahulu yang percaya pada organ yang disebut "baru" membuat model hati dari tanah liat yang mereproduksi bentuk keseluruhannya dan, seperti yang para penulis tulis, “detail anatomi yang terpilih berkaitan dengan struktur organ.”

Pada saat yang sama, orang Babilonia menghasilkan bentuk terminologi anatomi pertama yang didasarkan pada pendekatan empiris mereka (pengalaman langsung) dalam mengobati penyakit. Hal ini juga memungkinkan mereka menarik kesimpulan dan keteraturan umum berdasarkan pengamatan ini, meskipun perlu ditekankan bahwa hal ini tidak berarti terdapat kesepakatan mengenai penyebab penyakit tertentu dan cara pengobatannya pada saat itu.

Para penulis juga menyebutkan karya pendeta golongan lain – ašipu – yang mempraktikkan diagnosis, pengobatan, dan pengusiran setan (yang merupakan pengobatan spiritual yang tidak harus dilihat terpisah dari pengobatan fisik). Pada saat ilmu gaib, ilmu pengetahuan, dan kesaktian digabungkan, para praktisi ini akan membantu memerangi sihir sekaligus menyembuhkan penyakit.

Saat ini, tidak jelas sejauh mana (atau bahkan apakah) kelompok pendeta "ašipu" dan "baru" membagikan pengamatan mereka, meskipun para penulis berspekulasi bahwa mereka mungkin memilikinya. Menurut mereka, ada kemungkinan bahwa kaum "baru" memberikan penjelasan dan wawasan yang diperoleh dari “pembedahan” mereka terhadap tubuh hewan. Sekali lagi, ini masih jauh dari jelas.

Persiapan jenazah

Ketika kita memikirkan tentang pengawetan mayat kuno, banyak dari kita langsung berpikir tentang mumi Mesir. Asal muasal praktik ini masih belum jelas, tetapi kita mengetahui motivasinya. Menurut orang Mesir Kuno, bagian jiwa – Ba – tinggal di dunia orang mati setelah kematian selama tubuh mereka masih terpelihara. Oleh karena itu mumifikasi merupakan ritual keagamaan dan spiritual yang dirancang untuk melindungi tubuh dari pembusukan.

Sejak lama, para ilmuwan telah memahami bahwa mumifikasi, meskipun tidak didorong oleh eksplorasi ilmiah, mungkin telah memberikan wawasan tentang bagian dalam tubuh yang berkontribusi pada pengetahuan anatomi awal. Selain itu, praktik ini berkembang seiring berjalannya waktu, dan mencapai puncaknya pada periode Kerajaan Baru (antara 1550-1070 SM).

Pada masa ini, pendekatan baru terhadap pengawetan tubuh dikembangkan, termasuk cara membuat sayatan untuk mengakses organ, cara penanganannya, bahan apa yang digunakan untuk pembalseman, penggunaan organ buatan, dan cara membungkus jenazah.

Cedera dan luka

Di antara sumber pengetahuan medis tertua yang diketahui adalah papirus Edwin Smith, kata penulisnya, yang berasal dari sekitar abad ke-17 SM. Teks tersebut mungkin merupakan salinan dari versi yang jauh lebih tua, dan menjelaskan 48 kasus medis termasuk cedera pada leher, kepala, tulang selangka, tulang dada, tulang belakang, lengan, dan bahu, serta prognosis dan pengobatan berbagai luka.

Papirus tersebut menunjukkan bahwa para dokter zaman dahulu belajar dari pengalaman mereka dengan luka dan menggunakan ini sebagai kesempatan untuk mendapatkan wawasan dasar tentang struktur tubuh.

Salah satu ciri khusus dari papirus Edwin Smith adalah penyebutan “otak”. Ini adalah teks medis pertama yang menjelaskan hal tersebut, dan juga menjelaskan cairan serebrospinal.

Kasus-kasus dalam teks kuno itu menunjukkan bahwa para dokter mampu mengidentifikasi tanda-tanda bahwa beberapa cedera jauh lebih fatal dibandingkan yang lain. Misalnya pecahan tengkorak yang menembus meninges (tiga lapisan membran yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang), paparan apa pun pada otak, infeksi luka tengkorak, luka tembus dalam, dan afasia yang menyertai cedera.

Para penulis makalah ini juga memasukkan referensi ke berbagai luka yang dijelaskan dalam Iliad karya Homer, yang dialami dalam pertempuran di luar kota Troy. Meskipun narasi ini sebagian besar berkaitan dengan fenomena supernatural, para ahli telah mengidentifikasi 151 referensi tentang cedera yang diderita akibat pertempuran, serta penyebab dan jenis senjata apa yang menyebabkannya.

Namun, tidak jelas bagaimana kita dapat menyimpulkan hubungan yang lebih luas antara luka-luka ini dan pengetahuan Yunani tentang anatomi secara lebih umum. Seperti pernyataan di atas mengenai para pendeta Babilonia, sulit untuk mengatakan dengan tepat bagaimana praktik kuno yang menggali dunia internal tubuh turut berkontribusi pada perkembangan pengetahuan anatomi di kemudian hari. Ada juga pertanyaan tentang bagaimana sumber pengetahuan lain dari masyarakat non-Barat, seperti Tiongkok kuno, mungkin juga memperkenalkan tradisi-tradisi yang lebih baru.

Namun penelitian ini menunjukkan bahwa manusia selalu menemukan alasan untuk melihat-lihat bagian dalam tubuh dan penasaran ingin mengetahui apa yang ada di dalamnya.

Makalah studi ini telah terbit di jurnal Translational Research in Anatomy.