Singkap Bangunan nan Memukau dari Era Kekaisaran Romawi di Kota Roma

By Sysilia Tanhati, Kamis, 4 April 2024 | 09:00 WIB
Sebagai ibu kota Kekaisaran Romawi, Kota Roma memiliki bangunan dan monumen yang memukau di masanya. (Spencer Davis/Unsplash)

Nationalgeographic.co.id—Sebagai ibu kota Kekaisaran Romawi, Kota Roma memiliki bangunan dan monumen yang memukau di masanya.

Berkat kecanggihan teknik dan arsitekturnya, banyak bangunan dan monumen peninggalan Kekaisaran Romawi yang masih bertahan hingga kini. Sayangnya, yang lainnya sudah lama menghilang dari jalan-jalan kuno kota.

Namun Anda masih bisa menikmati beberapa bangunan dan monumen yang pernah berdiri dengan megah di masanya.

Castel Sant'Angelo

Awalnya kastel ini dibangun pada tahun 134 M sebagai mausoleum untuk abu Hadrian dan keluarganya.

Castel Sant'Angelo yang megah juga menampung sisa-sisa beberapa penerus Hadrian hingga bangunan tersebut dijarah oleh Visigoth pada tahun 410.

Awalnya kastel ini dibangun pada tahun 134 M sebagai mausoleum untuk abu Hadrian dan keluarganya. (Jean-Pol GRANDMONT)

Bangunan ini kemudian diubah menjadi sebuah benteng sampai dinonaktifkan pada tahun 1901. Castel Sant'Angelo sekarang menjadi museum dan salah satu tempat wisata paling populer di Roma.

Pantheon

Selesai dibangun pada tahun 125 M pada masa pemerintahan kaisar Hadrian, Pantheon berada dalam kondisi sangat baik. Bangunan ini masih terus digunakan hingga kini.

Selesai dibangun pada tahun 125 M pada masa pemerintahan kaisar Hadrian, Pantheon berada dalam kondisi sangat baik. Bangunan ini masih terus digunakan hingga kini. ()

Awalnya digunakan sebagai kuil untuk semua dewa, Pantheon telah digunakan sebagai gereja sejak abad ke-7.