Selisik Sejarah dan Kehidupan Suku Indian Apache di Benua Amerika

By Sysilia Tanhati, Kamis, 11 April 2024 | 08:00 WIB
Apache adalah sekelompok suku asli Amerika dengan budaya dan bahasa yang mirip. Banyak suku Apache diperkirakan berasal dari Kanada bagian barat. Namun mereka terkenal karena menetap di tempat yang sekarang disebut Barat Daya Amerika. (C. S. Fly)

Nationalgeographic.co.id—Apache adalah sekelompok suku asli Amerika dengan budaya dan bahasa yang mirip. Suku seperti Jicarilla, Chiricahua, Mescalero, Lipan, Trementina, Conejero, Limita, dan Kiowa merupakan bagian dari suku Apache.

Kata Apache berasal dari bahasa Zuni yang berarti musuh. Suku Indian Apache menyebut diri mereka sebagai suku nde, inde, atau ndee. Nama-nama ini merupakan variasi dari frasa rakyat, yang merupakan cara suku-suku ini merujuk pada kelompok masyarakat kolektif mereka.

Banyak orang Apache saat ini menyebut diri mereka sebagai Apache. Namun biasanya mereka juga mencantumkan nama suku tertentu di depan istilah tersebut jika diketahui. “Seperti Mescalero Apache atau White Mountain,” tulis Carl Seaver di laman History Defined.

Di mana Apache tinggal?

Banyak suku Apache diperkirakan berasal dari Kanada bagian barat. Namun mereka terkenal karena menetap di tempat yang sekarang disebut Barat Daya Amerika.

Wilayah suku Apache luas. Wilayah tersebut membentang dari negara bagian Sonora dan Chihuahua di Meksiko hingga Colorado Utara dan Arizona barat hingga Texas tengah.

Saat ini, banyak suku Indian Apache yang tersisa tinggal di 5 reservasi berbeda di Amerika Serikat Bagian Barat Daya. Wilayah tersebut mencakup White Mountain, San Carlos, Tonto di Arizona, Mescalero, dan Jicarilla di New Mexico.

Gaya hidup Apache

Pada masa jayanya, suku Apache sebagian besar berprofesi sebagai petani, pemburu, dan pemukim semi-permanen yang hidup dari lahan tersebut.

Mereka diketahui menanam jagung, kacang-kacangan, dan labu secara musiman. Selain itu, mereka juga melengkapinya dengan daging dari hasil berburu dan mescal, buah-buahan, serta kacang-kacangan.

Perburuan kerbau adalah hal biasa di kalangan suku Indian Apache. Suku ini sering kali memperdagangkan daging dan kulit untuk hasil pertanian dan barang lainnya.

Dalam sejarah, pejuang Apache sering kali paling dikenang. Tapi sebenarnya, orang-orang Apache sebagian besar hidup damai sampai ketegangan dengan pemukim meningkat pada tahun 1800-an.