Landsknechts, Kisah Tentara Bayaran Jerman yang Ditakuti dan Brutal

By Sysilia Tanhati, Senin, 15 April 2024 | 20:56 WIB
Dari akhir abad ke-15 hingga awal abad ke-17, medan perang menjadi lebih berwarna oleh tentara bayaran Jerman. Topi bertepi lebar dengan bulu berwarna cerah, pakaian linen mencolok, baret, dan kemeja longgar, para prajurit ini langsung terlihat. Mereka adalah tentara yang mematikan dan ditakuti di seluruh Eropa yang dikenal dengan sebutan Landsknecht. ( Daniel Hopfer)

Nationalgeographic.co.id—Dalam sejarah dunia, medan perang di Eropa bisa menjadi tempat yang sangat berwarna. Panji-panji dan spanduk berkibar tertiup angin.

Perisai yang membawa perangkat warna-warni menandai kesetiaan penggunanya. Begitu pula dengan seragam prajurit, mulai dari penombak hingga bangsawan.

Dari akhir abad ke-15 hingga awal abad ke-17, medan perang menjadi lebih berwarna oleh tentara bayaran Jerman. Topi bertepi lebar dengan bulu berwarna cerah, pakaian linen mencolok, baret, dan kemeja longgar, para prajurit ini langsung terlihat.

Meskipun paling sering terlihat menggunakan tombak, mereka kerap menggunakan zweihander. Pedang ini merupakan pedang raksasa yang panjangnya bisa mencapai 2,4 meter.

Mereka adalah tentara yang mematikan dan ditakuti di seluruh Eropa yang dikenal dengan sebutan Landsknecht.

Sejarah nama Landsknechts

Istilah Landsknecht berasal dari bahasa Jerman Tengah dan Jerman Tengah. Knecht berarti pelayan. Oleh karena itu, Landsknecht adalah pelayan wilayah atau lahan.

Mereka juga dikenal dengan sebutan doppelsoldner, yang berarti “prajurit bergaji ganda”. Dan terkadang nama mereka diterjemahkan menjadi Lanzknecht, merujuk pada tombak panjang yang akan mereka gunakan (Lanze berarti tombak).

Pembentukan Landsknechts

Dari tahun 1474 hingga 1477, Negara Burgundia berperang dengan Konfederasi Swiss. Charles yang Berani, Adipati Burgundi, memiliki pasukan yang terlatih dan dilengkapi dengan baik. Meskipun memiliki keunggulan ini, pasukannya sering dikalahkan oleh milisi Swiss (Reislaufers).

Setelah perang, Archduke Maximilian, yang kemudian menjadi Kaisar Romawi Suci, mengambil kendali atas tanah Burgundi. Maximilian sangat terkesan dengan Reislaufers Swiss sehingga dia mempekerjakan pasukan tersebut. Namun, setelah mengalahkan Prancis, pasukan yang disewa pun dibebaskan dari tugas mereka.

“Maximilian menginginkan pasukan permanen yang dapat bertarung dengan gaya yang efektif,” tulis Greg Beyer di laman The Collector. Landsknechts pun dibentuk.