Cara Memotret Lanskap dan Suasana Kota dengan Ponsel iPhone Terlihat Ciamik

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Minggu, 12 Mei 2024 | 13:35 WIB
Penentuan komposisi dan memanfaatkan medium refleksi membuat fotografi ponsel bisa terlihat menarik. Pengguna iPhone lebih beruntung karena memiliki banyak fitur seperti Live Photos yang bisa menghadirkan opsi foto untuk menangkap momen. Foto di sebelah kanan adalah contoh memanfaatkan komposisi yang tepat dan Live Photos saat subjek tepat di tengah gambar. (Habibullah Yusyaf)

Nationalgeographic.co.id - Supaya menghasilkan foto yang bagus, tidak selalu harus menggunakan kamera. Fitur kamera dengan ponsel pada iPhone cocok untuk memotret lanskap dan kawasan perkotaan.

Saat berkembangnya media sosial, ada banyak pemengaruh yang mengajarkan tips berfotografi menggunakan ponsel. Fotografer Habibullah Yusyaf adalah salah satunya. Pria yang biasa dipanggil Habib kerap membagikan tips fotografi yang menarik menggunakan iPhone.

Kali ini, Habib membagikan pengetahuannya dalam lokakarya iBoxgraphy 2024 bertajuk "Mobile Landscape and Street Photography Sabtu, 11 Mei 2024 di iBox Central Park Mall, Jakarta. Lokakarya ini merupakan bagian dari kompetisi iBoxgraphy Grant 2024 bertema "Connection of Life" yang berlangsung hingga 21 Juni 2024.

Setelah lokakarya, para peserta yang hadir mempraktikkan apa yang sudah diajarkan oleh Habib. Para peserta berkeliling di sekitar halaman terbuka Central Park Mall untuk mengambil gambar berdasarkan kreativitas mereka dari pelajaran yang disampaikan.

Tips Jitu Memotret dengan Ponsel

Menurut Habib, fotografi ponsel punya banyak keuntungan. Karena ukurannya yang kecil, ketika memotret di ruang tertentu, lebih mudah dilakukan tanpa perizinan. Kamera DSLR atau mirrorless sering dianggap sebagai perangkat mengambil gambar besar. Banyak tempat yang melarang penggunaan kamera DSLR, mirrorless, atau kamera poket, kecuali dengan izin pemilik ruang.

"Di mal enggak boleh motret sembarangan," kata Habib. "Biasanya ada satpam yang menegur atau bertanya sudah mengurus perizinannya atau belum". Orang lain pun tidak merasa terintimidasi ketika dipotret dengan kamera ponsel.

Selain itu, fotografi ponsel unggul dalam kecepatan kesiagaan fotografer untuk mengambil momen. Misalnya, ketika Anda berjumpa dengan kucing yang menarik untuk difoto. Anda dapat mengambil gambarnya tanpa harus memakan waktu mengambil kamera dari tas.

"Kalau kelamaan, kucingnya bisa kabur--enggak bisa difoto jadinya. Kalau ponsel kan simpel: cukup keluar dari saku, terus tinggal deketin ke kucingnya," tutur Habib.

iPhone dapat memenuhi kebutuhan menangkap momen. Habib menerangkan, pengguna iPhone bisa memanfaatkan fitur "use volume up for burst" pada pengaturan kamera. Fitur ini seperti continues shutter pada kamera.

Baca Juga: Momen Antariksa Memukau di Mars, Gerhana Matahari oleh Phobos

"Sekali pencet volume atas, kamera iPhone akan menangkap banyak gambar," terang Habib. "Anda tinggal gunakan salah satu gambar yang pas yang sudah ada di galeri."