Trik Maksimal Menggunakan Fitur Kamera iPhone untuk Fotografi Jalanan

By Utomo Priyambodo, Rabu, 22 Mei 2024 | 13:45 WIB
Peserta lokakarya fotografi di iBox DeliPark Medan sedang melakukan praktik langsung street photography di area outdoor DeliPark. (Utomo Priyambodo)

Nationalgeographic.co.id—Puluhan orang pengguna iPhone khusyuk menyimak pemaparan Victor Djaja mengenai fotografi jalanan (street photography). Pemaparan itu ia sampaikan dalam acara lokakarya fotografi bertajuk "Street Photography with Styles" di store iBox DeliPark City, Medan, pada Sabtu, 18 Mei 2024.

Sebagai seorang art street photographer yang punya banyak prestasi di ajang foto tingkat nasional maupun internasional, Victor mengatakan bahwa dari semua jenama ponsel pintar yang pernah ia pakai, iPhone adalah yang paling terasa membantu untuk dipakai dalam street photography. Terkini, Victor juga telah menjajal seri terbaru iPhone, yakni iPhone 15 Pro Max.

Dalam acara lokakarya tersebut, Victor menjelaskan bahwa saat menggunakan iPhone kita bisa mengatur settingan "Photographic Styles" kamera. Pengaturan itu sangat membantu untuk menunjang selera tone warna kita dalam memotret. "Saya pribadi suka mode 'Warm'. Saya suka warna yang agak kekuningan sedikit," ujar Victor yang pada 2023 pernah menjadi pemenang sebuah kompetisi fotografi tingkat internasional yang diikuti oleh lebih dari 7.000 foto dari seluruh dunia.

Partner Trainer iBox Indonesia untuk wilayah Medan, Arif Budiman, menjelaskan bahwa settingan "Photographic Styles" ini mirip dengan fitur "Filter" pada Instagram yang bisa membuat foto terlihat lebih cantik dan menarik. "Tapi 'Photographic Styles" ini lebih bagus karena lebih menjaga keseimbangan warna foto ketimbang fitur 'Filter' dan di-set langsung di kamera,” katanya.

Contoh settingan ‘Photographic Styles’ pada kamera iPhone 15 Pro Max. (Victor Djaja)

Lebih lanjut, Victor juga menjelaskan ada banyak fitur lain dalam kamera iPhone, terutama iPhone 15 Pro Max yang kini suka ia pakai. "Banyak nih fitur-fiturnya. Kayak yang 'Long Exposure' itu, yang 'Live' itu kan membantu banget. Terus juga 'Telefoto'-nya buat sinematik," ujar Victor yang pada 2023 fotonya terpilih untuk dipamerkan di Belluno Photo Festival di Italia.

Victor mengatakan bahwa ia biasanya selalu memakai fitur 'Live' pada kamera iPhone. "Kenapa selalu saya pakai? Karena bagi kita fotografer yang memotret momen, fitur itu bisa merekam momen sejak sekian detik sebelum pemotretan hingga sekian detik setelahnya. Jadi setelah itu kita bisa pilih gambar dengan momen paling terbaik."

Contoh settingan ‘Long Exposure’ pada kamera iPhone 15 Pro Max. (Victor Djaja)

Selain itu, Victor juga suka memakai fitur 'Long Exposure' untuk mengolah hasil foto dari fitur 'Live'. Fitur ini biasanya dipakai untuk foto-foto dengan objek yang bergerak. Misalnya foto pergerakan mobil-mobil di jalanan atau foto pergerakan orang-orang pejalan kaki di suatu tempat keramaian.

"Fitur 'Long Exposure' ini bisa bikin foto jadi terlihat lebih dramatis," ucap Victor.

Contoh salah satu foto dari hasil penggunaan fitur ‘Long Exposure’ pada kamera iPhone 15 Pro Max. (Victor Djaja)

Foto Sinematik