Sejarah Dunia: Siapa Itu Anne Boleyn dan Mengapa Ia Dieksekusi?

By Sysilia Tanhati, Jumat, 31 Mei 2024 | 14:00 WIB
Pada tahun 1536, Raja Henry VIII dari Inggris menuduh istri keduanya Anne Boleyn melakukan perzinahan, inses, dan konspirasi melawan raja. (Jan Luyken/British Museum)

Nationalgeographic.co.id—Pada tahun 1536, Raja Henry VIII dari Inggris menuduh istri keduanya Anne Boleyn, yang telah dinobatkan sebagai Ratu Inggris pada 1533, atas beberapa kejahatan.

Di persidangan, dia dinyatakan bersalah. Mantan ratu yang malang itu dibawa ke Tower Green di London pada 19 Mei 1536. Alih-alih dipenggal oleh algojo yang menggunakan kapak, ia dipenggal oleh seorang pendekar pedang Perancis.

Lalu, sebenarnya siapakah Anne Boleyn dan mengapa ia dieksekusi?

"Dalam sejarah dunia, sejarawan percaya bahwa tuduhan terhadapnya adalah palsu," tulis Pia Catton di laman History.

Tuduhan itu dikeluarkan oleh Henry VIII untuk menghapus Boleyn sebagai istrinya dan memungkinkan dia untuk menikahi istri ketiganya, Jane Seymour. Sang raja rupanya mengharapkan seorang ahli waris laki-laki dari istri ketiganya itu.

Asal-usul Anne Boleyn

Boleyn adalah staf di istana Henry VIII. Sebelum menjadi ratu, ia bertugas sebagai pengiring pengantin untuk istri pertamanya, Catherine dari Aragon, yang dinikahinya dari tahun 1509 hingga 1533.

Raja jatuh cinta pada Boleyn dan mulai mengejarnya. Awalnya Boleyn menolak untuk menjadi istri sang raja.

Anne Boleyn, yang berasal dari keluarga bangsawan, pernah bertugas di istana bangsawan Eropa lainnya. Dia terdidik dan terampil dalam menari, menyanyi, dan seni menggoda seperti permainan.

Selain menghibur, Anne Boleyn juga memiliki fungsi politik di istana. Seperti ayahnya, seorang diplomat, Anne Boleyn berperan dalam menyapa pejabat asing dan memiliki pengaruh dalam urusan internasional.

Dalam kapasitasnya, ia berinteraksi dengan para pemimpin politik, termasuk Thomas Cromwell. Ia adalah politisi yang menjadi menteri utama pada masa pemerintahan Henry VIII pada tahun 1532.

Baca Juga: Eksekusi Tragis Anne Boleyn, Istri Henry VIII Sejarah Abad Pertengahan