Apa Saja Dampak dari Bencana Alam Terhadap Kehidupan Manusia?

By Ade S, Jumat, 31 Mei 2024 | 20:03 WIB
Seorang warga menunggu angkutan menuju pengungsian di sekitar rumah mereka yang roboh akibat gempa di Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022). Telusuri dampak dari bencana alam terhadap kehidupan manusia, mulai dari pengungsian hingga trauma psikologis. (Rony Ariyanto Nugroho)

Nationalgeographic.co.id—Bencana alam tidak hanya mengubah peta geografis, tetapi juga bisa sampai mengubah jalan hidup banyak orang.

Dampak dari bencana alam terhadap kehidupan manusia sering kali terasa jauh setelah awan hitam berlalu, meninggalkan jejak yang tak terhapuskan dalam memori kolektif kita.

Kita menyaksikan bagaimana satu peristiwa dapat mengguncang fondasi keberadaan kita, mempertanyakan ketahanan dan kekuatan manusia dalam menghadapi ujian alam.

Artikel ini akan membawa Anda melalui perjalanan yang mengungkapkan bagaimana bencana alam mempengaruhi segala aspek kehidupan, dari sosial hingga ekonomi.

Pengertian Bencana Alam

Bencana alam atau bahaya alam, seperti dilansir dari The Planetary Health Alliance, adalah kejadian mendadak dan ekstrem yang dipicu oleh kondisi lingkungan, seperti badai, banjir, kekeringan, kebakaran, dan gelombang panas.

Sementara menurut The Department of Homeland Security, bencana alam merupakan ragam peristiwa cuaca ekstrem yang dapat mengancam kehidupan dan kesejahteraan manusia, merusak properti, infrastruktur penting, serta mengganggu keamanan negara.

Kejadian ini bisa muncul secara berkala atau tiba-tiba, seringkali menyebabkan masa-masa ketidakpastian, gangguan sosial, dan kerugian finansial.

Sumber-sumber ini penting untuk mempersiapkan lembaga pendidikan tinggi dalam menghadapi beragam bencana, mulai dari badai salju hingga gempa bumi, serta kombinasi dari berbagai bencana tersebut.

Dampak Bencana Alam Bagi Manusia

Berikut ini beragam dampak bencana alam bagi manusia, seperti dilansir dari One Light Charity Foundation:

Baca Juga: Inilah Penyebab Peristiwa Alam Berubah Menjadi Bencana Alam