Dunia Hewan: Apa Perbedaan antara Biawak dan Komodo yang Dilindungi?

By Utomo Priyambodo, Jumat, 7 Juni 2024 | 17:00 WIB
Biawak air tawar alias Varanus salvator adalah salah satu jenis biawak yang berukuran besar, hampir seperti komodo. (Tiia Monto/Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Dalam dunia hewan, biawak dan komodo ternyata memiliki kekerabatan. Namun, keduanya punya ciri dan karakter yang berbeda, tetapi seperti apa perbedaan persisnya?

Kini, komodo memang lebih dikenal dunia dan jadi hewan yang dilindungi karena kelangkaannya. Di sisi lain, biawak masih kerap berkeliaran di banyak tempat dan sering ditangkap manusia.

Meski yang satu lebih dilindungi, bentuk umum komodo dan biawak sejatinya terlihat mirip. Bahkan kedua berasal dari satu famili yang sama.

Dan lebih dari itu, dalam kekerabatan dunia hewan, komodo sebenarnya adalah biawak. Persisnya, komodo merupakan salah satu spesies biawak terbesar.

Ukuran Tubuh

Seekor komodo jantan dewasa dapat memiliki berat antara 70 hingga 90 kilogram dengan panjang 2,59 meter. Adapun, rata-rata berat komodo betina adalah sekitar 69 hingga 73 kilogram dan berukuran 2,29 meter.

Sementara itu, ukuran biawak sangat bervariasi tergantung dengan jenisnya. Namun rata-rata biawak dewasa dapat tumbuh hingga panjang 1 hingga 3 meter.

Dengan ukuran tubuhnya yang besar, komodo juga memiliki penampilan yang lebih menyeramkan daripada kebanyakan biawak. Leher dan ekor komodo lebih kuat dan tebal, sementara rata-rata spesies biawak memiliki ukuran ekor dan leher yang lebih kecil dari komodo.

Habitat dan Pemangsaan

Menurut Rekoforest.org, komodo hidup secara eksklusif di Indonesia, tepatnya di Pulau Komodo dan empat pulau kecil di sekitarnya: Rinca, Flores, Gili Dasami, dan Gili Montana. Keeksklusifan komodo ini berbeda halnya dengan biawak yang keberadaannya tersebar di Asia, Afrika, dan Australia.

Di pulau-pulau tersebut, di mana komodo menjadi daya tarik wisata di Indonesia, spesies reptil terbesar ini mendominasi ekosistemnya. Reptil ini memangsa apa saja, mulai dari invertebrata hingga mamalia.

Baca Juga: Dunia Hewan: Apakah Biawak Berbahaya? Apa Perbedaannya dengan Komodo?