Selidik Dataran Luas Atlantis dalam Mitologi Yunani, Hijau dan Subur

By Ricky Jenihansen, Selasa, 18 Juni 2024 | 08:00 WIB
Ilustrasi Dataran Luas Atlantis di mitologi Yunani. Tulisan Plato tentang telah menarik perhatian banyak orang berabad-abad. (Designer for National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id—Tulisan Plato tentang Dataran Luas Atlantis di mitologi Yunani telah menarik perhatian banyak orang berabad-abad. Para ahli mengakui, ada banyak bagian dari tulisan tersebut yang sepertinya terinspirasi dari peristiwa nyata.

Salah satu bagian penting dari deskripsi Plato adalah fakta bahwa Atlantis konon memiliki dataran yang luas.

Apa yang dia katakan tentang Dataran Luas Atlantis ini, dan apakah ini berdasarkan tempat yang ada di dunia nyata?

Inspirasi Dataran Luas Atlantis

Beberapa ahli percaya bahwa kisah Plato tentang Atlantis adalah kisah versi lain dari peradaban Minoa pada Zaman Perunggu.

Meski sebagian orang orang percaya bahwa ini sepenuhnya fiksi, tetapi bahkan mereka mengakui bahwa Plato kemungkinan besar menggunakan tempat dan peristiwa nyata untuk membuat kisahnya tentang Atlantis.

Di sisi lain, mereka menganggap peradaban Minoa sebagai inspirasi terbesar dari kisah Plato.

Misalnya, gagasan Atlantis sebagai peradaban maritim yang perkasa yang menguasai satu pulau utama, beberapa pulau lainnya, dan sebagian benua cocok dengan peradaban Minoa di Zaman Perunggu.

Gagasan bahwa mereka terlibat dalam beberapa penaklukan dengan kekerasan di Mediterania juga cocok.

Khususnya, mereka digulingkan dalam perang melawan Yunani, seperti halnya Atlantis. Bahkan gambaran umum Dataran Luas Atlantis dan kota metropolitannya cocok dengan pulau penting Minoa, Santorini.

Oleh karena itu, kita tergoda untuk berpikir bahwa kita mungkin dapat mengidentifikasi Dataran Luas Atlantis dengan lokasi sebenarnya dalam peradaban Minoa.

Baca Juga: Poseidon, Dewa Laut Mitologi Yunani Hingga Penciptaan Atlantis