Kenapa Jenggot dan Kumis Bisa Tumbuh Lebat tetapi Rambut Terus Rontok?

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Senin, 24 Juni 2024 | 08:05 WIB
Seiring bertambahnya usia, rambut di wajah seperti kumis dan jenggot lebih cepat tumbuh, tetapi rambut semakin rontok dan botak. Apa penyebabnya? (Deagreez/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id—Ketika kita lahir, kepala kita sudah ditumbuhi rambut. Seiring bertambahnya usia, rambut kepala kita semakin tebal. Sementara janggut dan kumis, umumnya pada pria, baru tumbuh setelah melalui masa pubertas saat remaja.

Rambut mengalami kerontokan pada pria seiring tumbuh dewasa. Kerontokan rambut paling para biasanya di atas 40 tahun, yang menyebabkan kebotakan permanen. Sebaliknya, ketika rambut semakin rontok, janggut justru semakin tebal dan lebat. Mengapa demikian?

Dari Janin hingga Dewasa, Jenis Rambut Kita Berganti

Sejak di dalam kandungan hingga dewasa, manusia memiliki tiga jenis rambut berbeda dan saling menggantikan satu sama lain seiring waktu. Ada tiga jenis rambut yang tumbu di dalam tubuh manusia, yakni lanugo, vellus, dan terminal.

Jenis rambut lanugo adalah lapisan rambut yang muncul secara normal pada janin. Ciri-ciri rambut jenis ini halus, lembut, dan tidak berpigmen seperti uban. Umumnya, rambut ini akan luruh ketika bayi lahir, dan bisa muncul pada kondisi penyakit tertentu.

Setelah tumbuh dan memasuki masa kanak-kanak, jenis rambut vellus tumbuh. Jenis ini rumbuh di seluruh tubuh anak-anak, kecuali bagian tertentu seperti telapak kaki dan tangan, sekitar alat kelamin, dan jaringan kulit bekas luka.

Rambut vellus cenderung pendek, halus, dan berwarna terang, dan tumbuh dari folikel (pori-pori atau tabung yang menyelimuti akar dan helai rambut), namun tidak terhubung dengan kelenjar minyak.

Menginjak usia dewasa, manusia mengalami fase pubertas dengan perkembangan hormon. Pubertas meningkatkan kadar hormon androgenik yang memicu rambut vellus tergantikan dengan rambut terminal.

Rambut terminal cenderung lebih tebal dan panjang, serta tumbuh di anggota badan tertentu. Terminal juga tumbuh di dada, tungkai, kaki, punggung, wajah, dan sekitar kemaluan yang sebelumnya tidak ditumbuhi vellus.

Hormon testosteron yang umumnya banyak dimiliki pria mendorong pertumbuhan androgenik ini. Semakin banyak testosteron yang terkandung, semakin banyak pula rambut wajah yang akan tumbuh.

Rambut Kita Punya Fase Pertumbuhan

Baca Juga: Sejarah Dunia: Bagaimana Orang Kuno Mencuci Rambut Sebelum Sampo