Virus West Nile: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

By Ade S, Rabu, 3 Juli 2024 | 14:03 WIB
Mikrograf Virus West Nile. Pahami virus West Nile, penyebab dan gejalanya. Temukan langkah-langkah pencegahan untuk melindungi diri Anda. (Cynthia Goldsmith)

Nationalgeographic.co.id—Lebih dari 100 orang di Israel telah terinfeksi virus West Nile. Melansir The Jerusalem Post delapan di antaranya dalam kondisi kritis dan membutuhkan ventilator.

Sebagian besar pasien berasal dari Israel tengah, dan dirawat di Pusat Medis Meir di Kfar Saba. Delapan pasien lainnya dirawat di Pusat Medis Sheba, dengan tiga di antaranya menggunakan ventilator dan dalam kondisi kritis.

Hingga saat ini, lima pasien telah meninggal di Pusat Medis Rabin-Beilinson di Petah Tikva. Delapan pasien masih dirawat di sana, dan delapan kasus lain yang dicurigai terinfeksi masih menunggu verifikasi laboratorium.

Di Pusat Medis Meir, 25 pasien demam West Nile dirawat, dengan dua di antaranya dalam kondisi serius dan menggunakan ventilator serta sedasi. Pasien tambahan juga telah diterima di Rumah Sakit Ichilov di Tel Aviv.

Apa itu virus West Nile?

Virus West Nile ditularkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi. Kebanyakan orang yang terpapar virus tidak menunjukkan gejala, namun sekitar 1 dari 5 orang mengalami gejala seperti demam, sakit kepala, nyeri tubuh, dan gejala mirip flu (disebut demam West Nile).

Dalam kasus yang jarang, seperti dilansir dari laman Cleveland Clinic, virus dapat menyerang sistem saraf dan menyebabkan peradangan otak atau sumsum tulang belakang (ensefalitis atau meningitis).

Virus ini pertama kali ditemukan di distrik West Nile di Uganda, dan kini telah menyebar ke berbagai wilayah di dunia, termasuk Amerika Utara, Eropa, Afrika, Timur Tengah, Australia, dan Asia.

Di Amerika Serikat, virus West Nile merupakan virus yang paling umum ditularkan oleh nyamuk, dengan kasus dilaporkan di 49 negara bagian. Sejak kemunculan pertamanya di negara ini pada tahun 1999, lebih dari 51.000 kasus simtomatik telah dilaporkan di Amerika Serikat.

Penyebab virus West Nile

Seperti disebutkan sebelumnya, virus West Nile menyebar ke manusia melalui gigitan nyamuk betina yang terinfeksi. Nyamuk mendapatkan virus saat menggigit burung yang terinfeksi.

Baca Juga: Cacar Monyet Virus Zoonosis, Bukan Penyakit dari Hubungan Homoseksual