Sejarah Dunia: Silsilah Tersembunyi Ilmuwan Yunani Pythagoras

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 6 Juli 2024 | 12:30 WIB
Gambar dari tahun 1913 yang menunjukkan Pythagoras sedang mengajar di hadapan murid-murid wanita. Pythagoras adalah tokoh terkenal dalam sejarah dunia. (Public Domain)

Nationalgeographic.co.id—Ilmuwan Yunani kuno Pythagoras adalah tokoh yang sangat terkenal dalam sejarah dunia dengan teorema segitiga siku-siku. Kehidupannya menjadi topik yang menarik bagi banyak sejarawan, dan bahkan anak-anak dari seluruh dunia.

Setiap orang belajar tentang Pythagoras dan konsep matematikanya, yaitu teorema Pythagoras. Teorema Pythagoras menjelaskan hubungan atau relasi antara panjang sisi-sisi pada segitiga siku-siku.

Jadi, tentu tidak sedikit dari kita yang mengetahui tentang Pythagoras. Pythagoras berasal dari nama seorang filsuf dan ilmuwan matematika yang berasal dari Yunani Kuno pada masa 570-495 SM di kepulauan Samos.

Namun demikian, nenek moyang Pythagoras adalah sesuatu yang belum pernah didengar banyak orang sebelumnya.

Padahal, ilmuwan Yunani kuno Pythagoras memiliki silsilah tersembunyi yang menarik dan legendaris. Ada korelasi menarik antara ilmuwan Yunani kuno Pythagoras dengan mitologi Yunani.

Catatan tentang Nenek Moyang Pythagoras

Nenek moyang ilmuwan Yunani kuno Pythagoras tampaknya bukan sesuatu yang menjadi perhatian khusus orang-orang Yunani kuno. Tidak banyak catatan kuno tentang hal ini.

Salah satu sumber terbaik yang dapat kita temukan tentang nenek moyang ilmuwan Yunani kuno Pythagoras ini adalah Pausanias.

Pausanias hidup pada abad kedua M sekitar 700 tahun setelah Pythagoras sendiri.

Oleh karena itu, tentu saja tulisan-tulisannya tidak dapat dianggap sebagai catatan sejarah yang pasti.

Meskipun demikian, hal ini mengungkapkan apa yang diyakini orang-orang pada abad kedua M tentang dia.

Baca Juga: Sisi Lain Kehidupan Pythagoras, Filsuf Yunani Terkenal Sejarah Dunia