Sejarah Dunia: Perbandingan Peradaban Yunani Kuno dan Romawi Kuno

By Ade S, Minggu, 14 Juli 2024 | 19:03 WIB
Kuil Zeus Olympia di Athena, pembangunannya dimulai oleh tiran Athena pada abad ke-6 SM dan diselesaikan oleh Kaisar Romawi Hadrian pada abad ke-2 Masehi. Pelajari persamaan dan perbedaan dua peradaban besar: Yunani Kuno dan Romawi Kuno. Temukan bagaimana mereka membentuk sejarah dunia. (Jean-Pierre Dalbéra)

Nationalgeographic.co.id—Di antara lembaran-lembaran sejarah dunia, terukir kisah dua peradaban besar yang tak lekang oleh waktu: Yunani Kuno dan Romawi Kuno.

Artikel ini mengundang Anda untuk menyelami perbandingan kedua peradaban tersebut, menguak persamaan dan perbedaan yang mencolok di antara mereka.

Lebih dari sekadar sistem pemerintahan yang kompleks dan struktur sosial yang unik, Yunani Kuno dan Romawi Kuno mewariskan kekayaan budaya, nilai-nilai, dan karya seni yang mendunia.

Melalui artikel ini, Anda akan diajak untuk memahami bagaimana dua pilar peradaban ini memberikan pengaruh besar pada perkembangan dunia yang kita kenal saat ini.

Perbandingan enam elemen utama

Meskipun sama-sama terletak di garis lintang yang memungkinkan budidaya anggur dan zaitun, Yunani Kuno dan Kekaisaran Romawi Kuno memiliki perbedaan topografi yang signifikan.

Kota-kota Yunani kuno terpisahkan oleh pedesaan berbukit dan selalu berdekatan dengan laut, sedangkan Roma terletak di daratan, di tepi Sungai Tiber.

Suku-suku Itali (sekarang Italia) tidak memiliki batas alam berbukit yang memisahkan mereka dari Roma.

Di Italia, di sekitar Napoli, Gunung Vesuvius menghasilkan tanah subur dengan menyelimuti tanah dengan abu vulkanik yang kemudian berubah menjadi tanah yang kaya.

Selain itu, terdapat dua rangkaian pegunungan di dekatnya, yaitu Alpen di utara dan Apennine di timur.

Berikut adalah enam elemen yang perlu dipertimbangkan ketika membandingkan Yunani Kuno dengan Romawi Kuno, seperti diuraikan oleh N.S. Gill melalui laman ThoughtCo:

Baca Juga: Seperti Apa Persamaan dan Perbedaan Mitologi Yunani dan Romawi?