Awal Mula Hercules Menggelar Olimpiade Pertama dalam Mitologi Yunani

By Ricky Jenihansen, Minggu, 4 Agustus 2024 | 09:30 WIB
Ilustrasi Api Olimpiade. Dalam banyak catatan kuno mitologi Yunani, konon yang pertama kali menginisiasi Olimpiade adalah pahlawan mitologi Yunani Hercules. (Olympics)

Nationalgeographic.co.id - Hercules adalah pahlawan mitologi Yunani yang paling terkenal dan populer dengan dua belas pekerjaannya. Namun, banyak yang tidak tahu, bahwa Hercules juga terlibat dalam banyak hal lainnya, dan yang paling mengejutkan adalah menginisiasi Olimpiade.

Dalam banyak catatan kuno mitologi Yunani, konon yang pertama kali menginisiasi Olimpiade adalah pahlawan mitologi Yunani Hercules.

Klaim yang mengejutkan ini cukup kuno. Apa sebenarnya yang tersirat dalam legenda ini, dan apakah ada bukti bahwa Hercules benar-benar menginisiasi Olimpiade?

Pindar, Hercules, dan Olimpiade

Referensi dalam catatan mitologi Yunani paling awal mengenai hubungan antara Hercules dan Olimpiade berasal dari Pindar.

Pindar adalah seorang penyair Yunani yang aktif pada awal abad kelima SM. Pindar sebenarnya adalah penulis pertama yang menyebutkan tentang bagaimana festival olahraga terbesar di dunia saat ini itu dimulai.

Pindar tidak hanya merujuk pada Hercules secara sepintas. Sebaliknya, ia berulang kali merujuk pada fakta yang diduga bahwa Hercules menginisiasi Olimpiade.

Pernyataan ini muncul di berbagai narasi dalam tulisannya, dan Pindar menjelaskan proses tersebut dengan sangat rinci. Misalnya, pada suatu waktu, ia menulis:

“Putra Zeus yang pemberani, yaitu Hercules, mengumpulkan seluruh pasukan dan semua rampasan di Pisa dan mendirikan tempat suci untuk ayahnya yang agung."

"Ia menutup Altis di sekelilingnya dan menandainya di tempat terbuka, dan ia menjadikan area di sekelilingnya sebagai tempat istirahat untuk berpesta…Dan ia menyebutnya Bukit Kronus.”

Ini menggambarkan Hercules yang menetapkan lokasi khusus tempat Olimpiade akan diadakan, yaitu Bukit Kronus.

Baca Juga: Kenapa Atlet Olimpiade dalam Peradaban Yunani Kuno Bertelanjang Bulat?